Kamis, 06 Oktober 2022
Advetorial

BA for COVID-19 Upaya Tingkatkan Capaian Target Vaksinasi

profile
Achmad

27 Agustus 2022 10:56

651 dilihat
 BA for COVID-19 Upaya Tingkatkan Capaian Target Vaksinasi
BA for COVID-19 di Kecamatan Klakah. (SJP)

LUMAJANG – Breakthrough ACTION for COVID-19 (BA for COVID-19) di sosialisasikan kepada masyarakat Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang.

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat bekerjasama dengan USAID dan Johns Hopkins Center for Communication Programs (JHCCP) sebagai inisiator.

Program tersebut, menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo Ignasius,  menangani komunikasi perubahan sosial dan perilaku terkait dengan penerimaan vaksinasi COVID-19 di Indonesia. 

"Upaya penting yang akan dilakukan diantaranya kegiatan kampanye dan pelibatan masyarakat, untuk memastikan bahwa program berjalan sesuai dengan tujuan," katanya kepada media ini. Sabtu (27/8/2022).

Patut diketahui bersama, kata dr Bayu, pemberian vaksin itu merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung termasuk di Jawa Timur apalagi munculnya varian omnicorn. 

"Vaksinasi sebagai upaya pencegahan primer yang sangat handal mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi," tambahnya.

Dengan prosedur vaksinasi yang benar, dr Bayu  berharap akan di peroleh kekebalan yang optimal, penyuntikan yang aman dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang minimal.

"Vaksinasi Covid-19 dilakukan setelah kepastian keamanan dan keampuhannya ada, merupakan upaya untuk menurunkan kesakitan dan kematian dan mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd imunity)," imbuhnya lagi.

Selain itu, menurut dr Bayu, vaksinasi Covid-19 juga bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, juga menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat.

Berdasarkan data cakupan vaksinasi Covid-19 yang tersedia menggambarkan kesenjangan capaian vaksinasi terhadap kelompok prioritas lansia masih sangat rendah. 

Tatangan yang dihadapi dalam upaya pencapaian  target cakupan vaksinasi Covid-19 di antaranya Karena masih adanya keraguan masyarakat sasaran priorias vaksinasi terhadap vaksin yang disebabkan oleh berbagi informasi tidak lengkap/benar terkait vaksinasi Covid-19.

"Sebagai upaya untuk lebih meningkatkan capaian target vaksinasi Covid-19 diperlukan adanya meneguhkan/penyegaran kembali komitmen lintas sektor untuk percepatan pencapaian target melalui berbagai upaya diantaranya melalui optimalisasi dan komunikasi pelibatan masyarakat  pemanfaatan media edukasi termasuk medial lokal dan tradisional," paparnya.

Kegiatan ini, adalah sebagai tindak lanjut kegiatan ToT (Training of Trainer) dan Pengenalan CE Kits tingkat kabupaten.

Diungkapkan Dr Bayu, Dinkes Kabupaten Lumajang bekerjasama dengan JHCCP/BA for COVID-19 Jawa Timur, menyelenggarakan kegiatan 'Orientasi Penggunaan Alat Bantu KIE Vaksinasi COVID-19' bagi Multi Pihak untuk Kegiatan Komunikasi dan Pelibatan Masyarakat Program BA for Covid-19.

Sementara itu, dijelaskan Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman, pihaknya masih belum mempunyai data kongkrit jumlah warga masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi sampai dengan booster 1 dan 2.

"Saya masih belum pegang datanya mas," ujar politisi PDIP ini singkat. (Fuad)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

BA for COVID-19 Upaya Tingkatkan Capaian Target Vaksinasi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT