Selasa, 24 Mei 2022
Advetorial

Berbagai Penghargaan hingga Tarian Kolosal Warnai Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-729

profile
Andy

09 Mei 2022 21:38

643 dilihat
Berbagai Penghargaan hingga Tarian Kolosal Warnai Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-729
Suasana tarian kolosal peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-729. (SJP)

MOJOKERTO - Memasuki usia ke-729, berbagai penghargaan menjadi kado peringatan hari jadi Kabupaten Mojokerto, Senin (9/5/2022) pagi di depan Pendopo Graha Majatama. 

Dalam sambutannya Bupati Mojokerto dr Hj Ikfina Fatmawati M.Si menyampaikan, hari jadi Kabupaten Mojokerto telah ditetapkan tanggal 9 Mei 1293. 

Penetapan tanggal 9 Mei tersebut, lanjutnya, setelah melalui diskusi panjang dengan memperhatikan berbagai fakta sejarah terkait rangkaian peristiwa yang terjadi pada saat itu. Salah satu diantaranya adalah pada saat Raden Wijaya mulai mengatur strategi untuk melawan pasukan Tartar.

"Peristiwa tersebut bertepatan dengan tanggal 9 Mei 1293 sehingga membentuk tersebut dijadikan sebagai konstitusi dan utama untuk membuat keputusan politik DPRD Kabupaten Mojokerto sebagai hari jadi Kabupaten Mojokerto melalui keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Nomor 9 Tahun 1993 tanggal 8 Mei 1993," ujar dr Ikfina Fahmawati. 

Ikfina menyebutkan, berbagai peghargaan telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto dari tahun 2021 lalu. 

"Antara lain, Penghargaan sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2021 dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur (Dinas Tenaga Kerja), Penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021 di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur di Sidoarjo, Penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021, dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021, dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), diserahkan di Banyuwangi," ungkap Ikfina Fahmawati. 

Pemotongan tumpeng oleh Bupati Mojokerto lalu diserahkan ke Ketua DPRD

Lebih lanjut dikatakannya, Penghargaan Kabupaten Mojokerto sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2021 kategori Madya, Penghargaan Penilaian Sistem Merit dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dengan raihan skor mencapai 263 atau berpredikat ‘Baik’, Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2021 kategori Madya, Penghargaan dari Harian Surya, atas kerja keras menangani pandemi Covid-19 dengan angka Case Fatality Rate (CFR) atau tingkat kematian yang rendah, serta Case Recovery Rate (CRR) atau tingkat kesembuhan yang tinggi, yang diberikan dalam acara “Awarding Jatim Covid-19 Heroes”, sekaligus talkshow virtual, dalam rangka HUT Harian Surya ke-32.

"Penghargaan Top 30 Inovasi Pelayanan Publik 2021, atas inovasi PERMEN SI MELA (Persalinan Aman, Siap, Sigap Melayani), Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), di Grand Ballroom Hotel Westin Surabaya dan yang terakhir adalahPenghargaan TOP BUMD AWARDS 2022," ungkap bupati wanita pertama di Bumi Mojopahit ini. 

Menurut Bupati, disamping berbagai prestasi tersebut di atas, pada momentum HUT ke-729 Kabupaten Mojokerto pada tanggal 9 Mei ini ini telah dan akan diresmikan secara simbolis beberapa proyek antara lain seperti pelebaran ruas jalan Gumeng – Kemasantani, Kecamatan Gondang (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang), pelebaran ruas jalan Temuireng – Gunungan, Kecamatan Dawarblandong (Dinas Pekerjaan Umum 
dan Penataan Ruang), pembangunan Kantor Desa Kupang, Kecamatan Jetis (Bantuan Keuangan Desa, Bagian Administrasi Pembangunan), pembangunan Poli Eksklusif di Rumah Sakit Dr. Soekandar, Mojosari). 

Sesi foto Bersama Bupati Bersama jajaran Kepala OPD

"Yang tak kalah pentingnya juga peresmian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Alu Aksara Pratama, Perning, Kecamatan Jetis terhadap pembangunan Jalan Cor Perning - Kepuhklagen serta pembangunan halaman, jalan dan pagar pada SDN Perning, Kecamatan Jetis," tandasnya. 

Semarak peringatan hari jadi ini diawali dengan tarian drama kolosal yang dibawakan siswa-siswi dari SMPN l Dawar Blandong dan SMPN l Puri Mojokerto. Tarian drama kolosal tersebut menceritakan perjuangan patih Gajah Mada dalam  memperjuangkan penobatan Tribuana Tunggadewi sebagai Ratu Majapahit.

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Berbagai Penghargaan hingga Tarian Kolosal Warnai Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-729

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT