Selasa, 27 September 2022
Advetorial

Bukasan Soroti Pemkab Lumajang Saat Upacara 17 Agustus Formasi Pasukan Tidak Lengkap

profile
Achmad

06 September 2022 22:13

629 dilihat
Bukasan Soroti Pemkab Lumajang  Saat Upacara 17 Agustus Formasi Pasukan Tidak Lengkap
Bukasan saat menyampaikan di Sidang Paripurna. (SJP)

LUMAJANG – Jumlah pasukan pengibar bendera pusaka merah putih Pemkab Lumajang pada upacara 17 Agustus lalu, hanya berjumlah 6 orang saja.

Hal tersebut menjadi sorotan tajam Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Bukasan.

Dalam sidang paripurna DPRD Lumajang, ia menyampaikan jika pada Upacara 17 Agustus harus memiliki pasukan pengibar bendera yang lengkap, dan wajib dianggarkan.

"Hal ini tidak boleh terulang kembali, sebab ini sangat memalukan," kata Bukasan usai melaksanakan Sidang Paripurna, Selasa (6/9/2022).

Menurutnya, sesuai dengan UUD 1945 pasal 35, serta UU Nomor 24 pasal 1, disebutkan bendera Republik Indonesia adalah sang merah putih.

Sedangkan pada UU Nomor 24 Tahun 2009 pasal 7 ayat 3 berbunyi bendera negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus.

"Bendera merah putih ini merupakan simbol identitas jatidiri bangsa, mengandung filosofi mendalam karena perjuangan para pahlawan yang rela kehilangan nyawa menjaga, membela dan merebut dari penjajah dan harus dikibarkan sebagai simbol kemerdekaan," paparnya.

Oleh karena itu, menurut Politisi PDIP ini, patut disayangkan kalau pada upacara peringatan HUT RI ke 77 yang tidak dilengkapi dengan pasukan pengibar bendera pusaka secara lengkap.

"Apapun alasannya, pengibar bendera yang tidak lengkap jangan sampai terulang lagi," tegas wakil rakyat dari Kecamatan Padang ini.

Pihak DPRD Kabupaten Lumajang, meminta Pemkab Lumajang untuk bisanya menganggarkan lebih dini, sehingga tidak terulang kembali insiden tidak lengkapnya pasukan pengibar bendera pada HUT RI ke 77 lalu. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bukasan Soroti Pemkab Lumajang Saat Upacara 17 Agustus Formasi Pasukan Tidak Lengkap

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT