Rabu, 17 Agustus 2022
Advetorial

Bulan Muharram / Syuro : Gus Thon : Perbanyak Tirakat, Banyak Kejadian Penting Dialami Para Nabi

profile
Andy

04 Agustus 2022 18:46

493 dilihat
Bulan Muharram / Syuro : Gus Thon : Perbanyak Tirakat, Banyak Kejadian Penting Dialami Para Nabi
Gus Thon, salah satu Kiai Jawa Timur yang banyak peduli pada kegiatan sosial, termasuk santunan untuk ribuan Anak - Anak Yatim maupun pihak-pihak yang membutuhkan. (SJP)

MADIUN -  Tanggal 30 Juli 2022 ( Masehi ) ini merupakan tanggal 1 Muharram (Syuro) 1444 Hijriah.

KH Mas Sulthon menyampaikan, pada bulan tersebut banyak peristiwa penting yang dialami para Nabi, dengan begitu wajarlah jika umat Islam lebih banyak tirakat termasuk berpuasa,  serta lebih banyak mengendalikan diri.

"Diantaranya, dengan menghindari hal-hal yang berhubungan dengan pesta seperti hajatan-hajatan dan sejenisnya. Perbanyak tirakat termasuk berpuasa dan juga perbanyak bersedekah," ungkap Gus Thon. 

Lebih lanjut, Gus Thon mengatakan, salah satu hari istimewa dalam bulan Muharram adalah Asyura. Keistimewaan Asyura terletak pada hari kesepuluh di bulan Muharram. Hari yang dikenal kemuliaannya sejak sebelum Islam.

"Banyak kisah serta peristiwa penting dan bersejarah sebelum Nabi Muhammad SAW. Pada hari Asyura juga Ahlul kitab berpuasa, bahkan kaum Quraisy juga bepuasa di hari Asyura pada masa jahiliyah," jelas Gus Thon, salah satu Kiai Jawa Timur yang banyak peduli pada kegiatan sosial, termasuk santunan untuk ribuan Anak - Anak Yatim maupun pihak-pihak yang membutuhkan.

Menurut Gus Thon, seperti apa yang disampaikan Syekh Abdurrahman bin Ahmad bin Rajab al-Hambali dalam kitabnya Lathaif al-Ma’arif hal 102, mengisahkan Dalham bin Shalih berkata: “Aku berkata kepada Ikrimah: “Asyura? Ada apa dengan hari itu?” Maka beliau menjawab: “Pada masa jahiliah, kaum Quraiys bertanya bagaimana cara bertaubatnya ketika berbuat kesalahan ( dosa ) yang mereka anggap besar?” Kemudian dijawab: “Dengan berpuasa Asyura, yaitu hari kesepuluh dari bulan Muharram.” 

Pada hari Asyura pula Allah SWT menerima tobatnya Nabi Adam Alaihisalam. Dan pada hari Asyura juga Allah Swt selamatkan Nabi Musa dan kaumnya serta menenggelamkan Fir’aun dan bala tentaranya. 

Dan Allah SWT juga memberi Wahyu kepada Nabi Musa Alaihissalam yang artinya: “Perintahkan kaummu untuk bertaubat di awal sepuluh Muharram. Jika telah tiba hari kesepuluh ( Asyura ) maka perintahkan mereka untuk keluar kepadaku sehingga aku ampuni mereka semua.”

Gus Thon juga menyebutkan, kisah dan peristiwa bersejarah banyak terjadi di bulan Asyura. Sebagaimana disebutkan oleh Imam Al-Ghazali bahwa pada hari Asyura terdapat beberapa peristiwa bersejarah.

Diantaranya pada hari itu, Allah SWT menciptakan Nabi adam Alaihissalam. Juga pada hari itu, hari dimana Nabi Adam dimasukkan ke dalam surga Nya.

Kemudian pada hari itu juga diterimanya taubat Nabi Adam Alaihissalam. Lalu, dimana Allah SWT juga menciptakan Arsy, Kursy, Langit, Bumi, Rembulan, dan Bintang - bintang. Termasuk hari itu, juga hari dilahirkannya Nabi Ibrahim Alaihissalam. Sekaligus pada hari ketika Allah SWT menyelamatkan Nabi Ibrahim dari kobaran api.

Pada hari itu juga merupakan hari kemenangan Nabi Musa Alaihissalam dan kaumnya, serta tenggelamnya fir’aun dan bala tentaranya. Juga hari dilahirkannya Nabi Isa Alaihissalam serta diangkatnya ke Langit. Pada hari tersebut juga diangkatnya Nabi Idris Alaihissalam di tempat yang luhur. Kemudian juga hari berlabuhnya perahu Nabi Nuh Alaihissalam diatas Bukit.

Pada hari tersebut juga merupakan saat dimana Nabi Sulaiman Alaihissalam  mendapatkan Kerajaan yang Agung. Kemudian juga hari dikeluarkannya Nabi Yunus Alaihissalam dari perut ikan.  Lalu juga hari dikembalikannya Penglihatan Nabi Ya’qub Alahissalam.

Pada hari tersebut juga dikeluarkannya Nabi Yusuf  Alaihissalam dari lubang  sumur dan di bebaskan nya Nabi Yusuf dari penjara serta hari hilangnya kesulitan Nabi Ayyub Alaihissalam. Dan juga menjadi hari dimana hujan yang pertama kali turun dari langit ke bumi,  ungkap Gus Ton seorang Kyai Jawa Timur,  yang banyak membantu Masyarakat kecil.

Untuk itu, KH. Mas Sulthon / Gus Thon pun mengajak untuk benar-benar banyak Tirakat dalam Bulan Syuro ini, lebih banyak mengendalikan diri, dengan lebih banyak Bertafakur.

Akhir kata dari KH. Mas Sulthon / Gus Thon : Selamat tahun baru islam. Mari bersama-sama selalu membuat kebaikan dimanapun kita berada, dan hidup hanya mengharap ridho Alloh. (**)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bulan Muharram / Syuro : Gus Thon : Perbanyak Tirakat, Banyak Kejadian Penting Dialami Para Nabi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT