Minggu, 22 Mei 2022
Advetorial

Cek Kualitas Daging Ayam dan Sapi, Bupati Mojokerto Blusukan ke Pasar Kemlagi

profile
Andy

26 April 2022 12:46

425 dilihat
Cek Kualitas Daging Ayam dan Sapi, Bupati Mojokerto Blusukan ke Pasar Kemlagi
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama Dinas Pertanian mengecek kualitas daging dengan uji laboratorium di Pasar Kemlagi

MOJOKERTO - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengecek langsung kualitas daging ayam dan sapi di Pasar Kemlagi

Bersama Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina blusukan masuk ke Pasar Kemlagi untuk mengecek langsung kualitas daging, Selasa (26/4/2022) pagi.

Nampak, antusias warga menyamput bupati yang juga seorang dokter ini dengan bersalaman hingga swafoto bersama.

Setelah menyapa pengunjung hingga pembeli pasar dengan ramah, akhirnya tibalah bupati wanita pertama di Mojokerto ini di salah satu penjual daging sapi.

Sample daging sapi yang dicek oleh dinas pertanian, ternyata tidak didapati kandungan formalin atau campuran daging babi di dalamnya.

Tak hanya satu lapak daging, namun bupati juga keliling ke tiga lapak daging sapi dan satu lapak daging ayam, semuanya aman dikonsumsi.

Bupati Mojokerto Ikfina fahmawati saat memberikan sertifikat hasil cek daging sapi ke penjual

Ketika dikonfirmasi awak media, Bupati Ikfina bersyukur tidak mendapati kandungan formalin ataupun campuran daging babi pada empat penjual yang sudah dilakukan tes oleh dinas pertanian.

"Alhamdulilah, pada hari ini saya bersama dengan teman-teman dari Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, kita melaksankan uji laboratorium terhadap komoditi hewani hasil peternakan di Pasar Kemlagi. Jadi fokus kita adalah komoditi yang sekarang ini sedang dibutuhkan oleh masyarakat dalam rangka Idul Fitri 1443 H. Yang kita uji itu dua yakni, uji formalin dan pemalsuan daging sapi yang didanti dengan daging babi. Alhamdulilah, semua yang kami uji baik daging ayam dan sapi dalam keadaan segar, tidak berformalin dan tidak ada kandungan babi," ungkap Ikfina Fahmawati.

Lebih lanjut dikatakannya, apa yang ia lakukan ini dalam rangka melindungi konsumen daging baik ayam mapun sapi yang hari-hari ini mengalami peningkatan yang signifikan, khususnya masyarakat Kemlagi dan sekitarnya.

"Kalau terkait harga normal atau tidak, semuanya mengikuti siklus. Seperti menjelang lebaran saat ini tentunya ada kenaikan karena tingginya permintaan, namun yang terpenting adalah bagaimana kita dapat mengendalikan harga ini jangan melebihi ambang batas. Kita ada yang namanya Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang mana kita sudah bekerja dengan sistem yang terpantau dengan TPID Provinsi atau pusat dengan upaya 4K yakni Keterjangkauan harga, Ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi dan Komunikasi efektif," tandasnya.

Perlu diketahui, uji formalin dan pemalsuan daging ini sudah dilakukan sejak 13 hingga 26 April di 9 pasar, yakni Pasar Mojosari, Pasar Sawahan, Pasar Pohjejer, Pasar Jatirejo, Pasar Kutorejo, Pasar Kedungmaling, Pasar Pelabuhan Jetis dan terakhir Pasar Kemlagi.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Cek Kualitas Daging Ayam dan Sapi, Bupati Mojokerto Blusukan ke Pasar Kemlagi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT