Rabu, 17 Agustus 2022
Advetorial

Demi Masyarakat, RSUD Dr Soebandi Operasi Jantung Terbuka Gratis

profile
Rochul

06 Juli 2022 13:30

446 dilihat
Demi Masyarakat, RSUD Dr Soebandi Operasi Jantung Terbuka Gratis
Bupati Jember Hendy Siswanto. (SJP)

JEMBER – Untuk kali kedua RSUD Dr Soebandi Jember melakukan operasi jantung terbuka.Kasus operasi kedua kali ini dilakukan terhadap pasien tumor yang tumbuh di dalam jantung sehingga memerlukan tindakan segera. 

Bupati Jember Hendy siswanto menyampaikan, mengatakan, peningkatan pelayanan RSUD dr Soebandi cukup baik. 

"Ini operasi jantung terbuka kedua di sini. Rumah sakit tipe B yang mampu melakukan operasi jantung terbuka, dan ini luar biasa," kata Bupati Hendy di ruang rapat RSUD, Rabu, (6/7/2022). 

Ia menyampaikan bahwa pada operasi jantung terbuka pertama di rumah sakit milik Pemkab Jember berjalan sukses dan kerjasama yang luar biasa. 

"Kali kedua ini ada plus-nya. Operasi itu akan mengangkat tumor di dalam jantung. Ini spesial karena bukan penyakit jantung biasa," sebut Bupati. 

Dalam operasi itu dokter-dokter spesialis bedah jantung dari RSUD dr Soebandi masih dalam supervisi tim dari RSU dr Soetomo Surabaya juga datang.

Bupati berharap agar operasi berjalan lancar, dan mohon bantuan doa masyarakat Jember supaya pasien diberi kekuatan. 

"Semoga ananda Sheril, remaja perempuan, masih usia muda, umur 14 tahun ini kuat menghadapi cobaan ini," terangnya.

Dalam hal peningkatan pelayanan RSUD dr Soebandi Jember terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya dokter ahli bedah jantung.

Saat ini dr Taufik sedang mengikuti sekolah spesialis (bedah) jantung yang dibiayai oleh Pemkab, agar kedepan Jember maju dalam lintas sektoral.

Tidak hanya itu saja bupati juga mengungkapkan, dengan peralatan bedah jantung akan terus diupayakan yang terbaik oleh Pemkab. 

Bupati Hendy memastikan dalam operasi ini tidak ada biaya alias gratis. 
Sementara itu dokter yang juga terlibat dalam operasi ini.

Beberapa dr juga dilibatkan seperti, dr Setiadi Drajad, Sp. BTKV, dalam kesempatan tersebut memberitahukan kondisi pasien sebelum dilakukan tindakan. 

"Pasien ini sebelumnya mengalami gangguan sesak nafas, Dibawa ke dokter jantung anak dan dicurigai ada gangguan jantung," kata Drajad. 

Dari pemeriksaan diagnosis menyebutkan ada tumor di dalam ruang jantungnya (di serambi kiri). Tumor itu bertangkai keluar masuk diantara Serambi dan Ventrikel, Jika ini dibiarkan maka resikonya si pasien akan mengalami gagal jantung (aliran oksigen tidak bisa masuk dari paru-paru). Resiko kedua, massa dari tumor (jika dibiarkan itu bisa menyumbat jantung. Oleh karenanya ini bersifat urgen dan harus segera diambil tindakan.

" Menyikapi kasus ini kami juga mendatangkan tim dari Surabaya, dalam teknis operasinya, fungsi jantung (jantung dihentikan) akan diambil alih oleh mesin, kemudian jantung akan dibuka dan tumor diangkat. Setelah bersih dari tumor, jantung kembali ditutup (dijahit). Dan pada bagian akhir, jantung kembali akan difungsikan seperti sediakala," ungkapnya.

Selain itu dr drajad menyampaikan, operasi diperkirakan memakan waktu sekitar 2 jam.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Demi Masyarakat, RSUD Dr Soebandi Operasi Jantung Terbuka Gratis

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT