Kamis, 06 Oktober 2022
Advetorial

Dewanti Rumpoko Serukan Kebangkitan Masyarakat Kota Batu

profile
Doi

17 Agustus 2022 21:16

780 dilihat
Dewanti Rumpoko Serukan Kebangkitan Masyarakat Kota Batu
Peringati Hari Kemerdekaan RI, Wali Kota Ajak Masyarakat Bangkit Bersama. (Diskominfo/SJP)

KOTA BATU – Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Pemerintah Kota Batu menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman Balai Kota Among Tani, Rabu (17/8/2022) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko. Upacara turut diikuti oleh Wakil Wali Kota beserta Forkopimda dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Batu.

Upacara diawali dengan pembacaan Teks Proklamasi yang dibacakan oleh Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi, dan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin Perwakilan Kepala Kemenag Kota Batu.

Pengibaran bendera merah putih dilaksanakan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Batu tahun 2022.

Dewanti mengatakan, peringatan HUT kali ini menjadi momentum untuk bersama-sama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

“Kita bisa bersama-sama pulih dari pandemi. Kita terus dorong UMKM untuk membangkitkan ekonomi, karena UMKM merupakan sektor paling besar dari segi usaha dan penghasilannya,” kata Wali Kota.

Untuk pulih lebih cepat, Wali Kota juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus melakukan berbagai hal positif dan berinovasi.

“Semua harus ditanamkan dalam satu fikiran bahwa untuk pulih dan bangkit kita harus menjaga kesehatan, berinovasi, dan untuk ASN harus semangat dalam memberikan pelayanan,” kata Wali Kota.

Secara umum, pelaksanaan upacara pengibaran bendera berjalan lancar dan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sebelumnya, tepat pukul 00:00 WIB, Rabu (17/8/2022) dini hari, Pemerintah Kota Batu melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, unsur Forkopimda, DPRD, TNI Polri, pejabat Pemkot Batu dan pelajar Kota Batu ini dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Batu,  

Kepala Polisi Resort Kota Batu, AKBP Oskar Syamsuddin, bertindak sebagai Inspektur Upacara dan memimpin jalannya upacara tersebut.

Pelaksanaan upacara kehormatan berlangsung khidmat dan sakral saat lampu dimatikan, obor dan lilin dinyalakan, kemudian inspektur upacara membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci.

AKBP Oskar menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan pengorbanan para pahlawan, dalam melakukan perjuangan demi kemerdekaan bangsa dan negara.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula, jalan kebaktian yang ditempuh para pahlawan adalah jalan bagi kami juga, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan yang maha esa,” ucapnya.

Upacara kehormatan dan renungan suci ini merupakan agenda rutin dalam peringatan Kemerdekaan RI yang dilakukan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan negara Republik Indonesia. (ADV)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dewanti Rumpoko Serukan Kebangkitan Masyarakat Kota Batu

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT