Kamis, 06 Oktober 2022
Advetorial

Dikbud Kabupaten Lumajang Turut Berupaya Cegah Stunting

profile
Achmad

16 September 2022 18:07

616 dilihat
Dikbud Kabupaten Lumajang Turut Berupaya Cegah Stunting
Kegiatan parenting dan kegiatan pemberian gizi. (SJP)

LUMAJANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lumajang, dalam penanganan stunting di Kabupaten Lumajang, telah melakukan beberapa hal.

Kepala Dikbud Kabupaten Lumajang, Agus Salim, mengatakan upaya yang pertama yaitu mengadakan parenting dan memberikan makanan bergizi setiap sebulan sekali sekolah oleh satuan PAUD.

"Untuk kegiatan lainnya itu ditangani oleh Dinkes P2KB dan Dinsos Kabupaten Lumajang," jelas Agus Salim kepada awak media, Jumat (16/9/2022) via chat WhatsAppnya.

Menurut Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman, dalam upaya pencegahan stunting di Kabupaten Lumajang, pihaknya juga memberikan beberapa informasi kepada stakeholder akan penurunan angka stunting di Kabupaten Lumajang dikerjakan secara bersama-sama dan berkelanjutan.

"Seperti pemberian makanan tambahan yang bergizi itu volumenya perlu ditingkatkan, dan ini sudah respon dari pemerintah pada PAK ini akan ditambahkan anggaran," katanya kepada media ini, Jumat (16/9/2022).

Selain itu, kata politisi PDIP ini, terhadap ibu hamil perlu dilakukan pembinaan, naik sejak mereka hamil dan setelah melahirkan. 

"Kerjasama dengan KUA perlu dilakukan, sebab stunting akan berkurang jika pernikahan anak atau usia dini juga diminimalisir," tambahnya.

Lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap stunting, sebab kebersihan merupakan tolak ukur bagi kesehatan tubuh manusia.

"Warga yang belum memiliki jamban, seyogyanya ada pendataan, sebab pemerintah sudah merespon hal ini supaya hidupnya sehat," tutup wakil rakyat asal Kecamatan Senduro ini. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dikbud Kabupaten Lumajang Turut Berupaya Cegah Stunting

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT