Kamis, 11 Agustus 2022
Advetorial

Diskominfo Jember Wujudkan Satu Data Integritas melalui SPBE 

profile
Rochul

09 Juli 2022 10:33

440 dilihat
Diskominfo Jember Wujudkan Satu Data Integritas melalui SPBE 
Sigit Akbari dengan Kepala OPD & operator data terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Jember. (SJP)

JEMBER - Dalam rangka menghasilkan layanan pemerintah yang terintegrasi, Diskominfo Jember menggelar rapat koordinasi yang dipimpin oleh Plt.Asisten 1 Sigit Akbari dengan Kepala OPD & operator data terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Jember di Aula Timur Pemkab Jember, Jum'at ( 8/7/2022).

Seperti yang telah diketahui, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE baik di lingkup Kementerian, Lembaga maupun Daerah. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember, Bobby A Shandy dalam paparannya mengungkapkan kebijakan SPBE untuk tata kelola pemerintahan bukan  hanya menjadikan suatu kewajiban bagi Pemerintah Daerah. Namun sudah menjadi kebutuhan untuk mengola data menjadikan informasi dan knowledge untuk dasar kebijakan pengambilan keputusan.

"Jadi ketika data  kurang pas akan menjadi informasi  dan pengetahuan yang kurang tepat sehingga menjadikan kebijakan yang kurang pas pula. Oleh karenanya untuk bisa mensukseskan SPBE ini kuncinya ada pada operator selalu update  dengan data yang benar," kata Bobby. 

Salah satu harapan kedepannya, Aplikasi layanan J-KOPi (Jember Kota Pintar) bisa menjadi patform yang berintegrasi dengan OPD  dan memberikan layanan kepada masyarakat sekaligus data yg kita peroleh akan kita olah menjadi informasi utk kebijakan.


"Silahkan di download  di play store dengan kata kunci 'Jember kota pintar'. Pelayanan surat menyurat dari tingkat OPD hingga desa bisa dilaksanakan kapanpun dimanapun gratis. Dari kades, camat dan lurah bisa melakukan tanda tangan  dan melayani masyarakat melalui TTE kapanpun," imbuhnya. 

Bobby juga menambahkan adanya sajian informasi tentang UMKM yang merupakan data dari DISKOPUM yang bisa langsung bertransaksi kepada penyedia di layanan J-KOPI. "Para pelaku UMKM yang belum bergabung bisa bergabung melalui DISKOPUM" pungkasnya.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Diskominfo Jember Wujudkan Satu Data Integritas melalui SPBE 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT