Rabu, 30 November 2022
Advetorial

DPRD Lumajang Apresiasi Penggunaan DBHCHT Tepat Sasaran

profile
Achmad

15 November 2022 19:24

819 dilihat
DPRD Lumajang Apresiasi Penggunaan DBHCHT Tepat Sasaran
Petani tembakau di Kabupaten Lumajang. (SJP)

LUMAJANG – DPRD Kabupaten Lumajang apresiasi penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2022 ini untuk kepentingan masyarakat petani di Kabupaten Lumajang dengan tepat sasaran.

Dikatakan politisi PDIP asal Kecamatan Padang, H Bukasan, kepada media ini, sejumlah petani tembakau di Kabupaten Lumajang, telah mendapat bantuan pupuk yang bersumber dari anggaran DBHCT 2022 tersebut.

“Bantuan ini disalurkan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang kepada kelompok tani (poktan) untuk jenis tembakau kasturi, white burley, dan lokal yang dibagi menjadi dua tahap,” ungkapnya kepada media ini, Selasa (15/11/2022).

Pemberikan bantuan pupuk kepada petani tembakau tersebut, menurut dia, pihak DKPP berkoordinasi dengan Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Lumajang agar bantuan tersebut tepat sasaran.

"Bantuan pupuk kepada mereka yang benar-benar petani tembakau dan menanam pada musim ini, sehingga yang sangat paham tentu APTI. Untuk pendistribusian bantuan kepada petani tembakau kasturi dan white burley sudah dilaksanakan," tuturnya.

Rencananya akan berlanjut pada distribusi bantuan kepada petani tembakau lokal Lumajang untuk mendapatkan bantuan pupuk dari anggaran DBHCT tersebut.

"Pemberian bantuan pupuk tersebut harus tepat waktu pada saat petani tembakau membutuhkan untuk pemupukan. Saat ini memang mulai masa tanam tembakau, namun ada juga petani yang sudah panen," tambahnya.

Sementara itu, Kepala DKPP Kabupaten Lumajang, Hairil, berharap bantuan pupuk dari anggaran DBHCT dapat memberikan manfaat kepada petani untuk meningkatkan produksi dan kualitas tembakau di Kabupaten Lumajang.

"Saya berharap petani tembakau kembali bangkit setelah terdampak Cocid-19, sehingga tahun ini para petani tembakau diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan," ujarnya.

Dan perlu diketahui, DKPP Kabupaten Lumajang sudah menyalurkan bantuan 54 ton pupuk NPK kepada 33 kelompok tani tembakau yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Lumajang.

Sedangkan menurut Ketua APTI Kabupaten Lumajang, Dwi, saat ditanya awak media menjelaskan kalau semua bantuan sudah diterima oleh kelompok tani tembakau di Kabupaten Lumajang, dibawah naungan APTI.

“Kalau bantuan itu, APTI hanya pengusul Poktan mas, yang dapat itu Poktanya,” bebernya.

Ditegaskan Dwi, jika Poktan yang menerima itu nantinya langsung diberikan kepada petani anggotanya. Dan begitulah prosedur bantuan lewat kelompok tani. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPRD Lumajang Apresiasi Penggunaan DBHCHT Tepat Sasaran

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT