Rabu, 07 Desember 2022
Advetorial

DPRD Lumajang Dukung Pencegahan Stunting Melalui Jalur Perikanan

profile
Achmad

15 September 2022 11:43

758 dilihat
DPRD Lumajang Dukung Pencegahan Stunting Melalui Jalur Perikanan
Kegiatan pencegahan stunting oleh dinas perikanan Kabupaten Lumajang. (SJP)

LUMAJANG – Program pencegahan stunting menjadi salah satu  program unggulan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, DPRD Kabupaten Lumajang apresiasi melalui jalur perikanan.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H Bukasan, stunting itu adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. 

"Kita akan ikut menyukseskan program ini, agar dapat dilakukan dengan adanya upaya peningkatan gizi anak," kata politisi PDIP kepada media, Kamis (15/9/2022). 

Salah satu program, kata wakil rakyat asal Kecamatan Padang ini, yaitu adanya program Gerakan Gemar Makan Ikan dari Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang, dapat menjadi cara untuk upaya tersebut.

"Hal ini berkenaan dengan tingginya kandungan protein pada ikan," paparnya lagi.

Sementara itu, dikatakan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang, Agus Widarto, kepada awak media, kalau gemar makan ikan salah satu program pencegahan stunting. 

"Disamping peningkatan, pemerataan produksi dan distribusi produksi baik dari budidaya, tangkap maupun pengolahan ikan sangat dibutuhkan," bener Agus kepada awak media via chat WhatsAppnya.

Pencegahan stunting di Kabupaten Lumajang, kata Agus, dibarengi dengan penurunan pemijahan beberapa jenis ikan di Dinas Perikanan ini.

"Seperti untuk benih lele dan beberapa komoditas ikan seperti koi, ada penurunan karena pengaruh cuaca ekstrem," ungkapnya lagi.

Dikatakan Agus, penurunan pemijahan ikan ini bisa 10 persen sampai 15 persen. Seperti benih lele ini, sangat tergantung pada musim giling tebu.

"Untuk mendapatkan cacing sebagai makanan, tetapi bisa beli juga sekarang ada dijual cacing beku," ungkapnya.

Kalau benih nila, tombro, tawes dikatakan Agus masih belum berpengaruh,  masih tetap banyak permintaan. (ADV)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPRD Lumajang Dukung Pencegahan Stunting Melalui Jalur Perikanan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT