Selasa, 24 Mei 2022
Advetorial

DPRD Ponorogo Gelar Paripurna Bahas Usulan 3 Raperda

profile
Ari

09 April 2022 17:34

436 dilihat
DPRD Ponorogo Gelar Paripurna Bahas Usulan 3 Raperda

PONOROGO - Keseriusan DPRD Kabupaten Ponorogo dalam menyelesaikan sejumlah agenda penting terus dipacu. Bulan Puasa Ramadhan bukan halangan untuk tetap menggelar rangkaian acara yang telah ditetapkan. 

Buktinya, kegiatan Paripurna terhadap 3 Usulan Raperda diselenggarakan di Lantai 3 Gedung DPRD Ponorogo.

Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto hadir dan membuka secara resmi serangkaian acara, bersama jajaran pimpinan, Dwi Agus Prayitno, Miseri Effendi, Anik Suharto serta diikuti oleh para Anggota Dewan. 

Hadir pula Wakil Bupati, Bunda Lisdyarita bersama jajaran Forkompimda, OPD, Camat serta tamu undangan penting lainnya.

Wabup Ponorogo, Lisdyarita dalam laporannya membacakan sambutan Bupati Sugiri Sancoko. 

Menurutnya, Rapat Paripurna kali ini membahas tentang (1). Rencana Tata Ruang/ Wilayah (RT/RW) tahun 2022 - tahun 2042. 

(2). Pencabutan terhadap Perda Kabupaten Ponorogo No.2 tahun 2013 tentang izin usaha Jasa Konstruksi.

(3). Raperda terhadap Perda No.4 tahun 2008 tentang Lembaga Kemasyarakat Desa dan Kelurahan. 

"Tujuan penataan Tata Ruang dan Wilayah (RT/RW) adalah terwujudnya keharmonisan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan, terwujudnya keterpaduan dalam penggunaan sumber daya alam dan sumber daya buatan dengan memerhatikan sdm dan terwujudnya perlindungan fungsi ruang serta pencegahan dampak negatif terhadap lingkungan akibat pemanfaatan ruang," jelasnya. 

Sehingga, penataan ruang secara implisit memiliki tujuan untuk mengatur pemanfaatan ruang agar bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

"Perda tersebut sudah berjalan selama 10 tahun,  namun perlu dilakukan peninjauan kembali, setelah dilakukan refiuw perlu adanya penyesuian, updating data serta penyempurnaan materi," jelasnya.

Lebih lanjut, usulan Raperda tentang pencabutan Perda No. 2 tahun 2013 tentang Usaha Jasa Konstruksi 

"Seiring dengan terbitnya UU nomor 11 tentang Cipta Kerja, sistem berusaha menjadi izin berusaha maka harus mengalami penyesuaian,"tambahnya. 

Sementara berkaitan dengan Raperda atas pencabutan Perda no. 4 tahun 2008 tentang lembaga kemasyarakatan desa dan kelurahan, memiliki latarbelakang perubahan peraturan diatasnya. 

"Saat ini Pemerintah Kabupaten Ponorogo telah menerbitkan Peraturan Bupati nomor 109 tahun 2021 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa sebagai pedoman, sehingga untuk menghindari dualisme penerapan aturan hukum. Perlu mencabut Perda No. 4 tahun 2008 tentang Lembaga kemasyarakatan desa dan kelurahan,"terangnya.

Sementara itu usai acara Paripurna, Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto kepada Sejumlah awak Media menjelaskan perlunya pembahasan Raperda RT/ RW di Kabupaten Ponorogo. 

"Sebetulnya Perda RT/RW di Ponorogo berakhir pada tahun 2032. Namun berdasar beberapa regulasi yang ada, yang juga sudah dilakukan kajian oleh pimpinan DPRD, kita ajukan kepada Gubernur, sepakat untuk dilakukan revisi,"ujarnya.

Lebih lanjut Sunarto menyampaikan, berkaitan dengan RT/RW ini, fakta di Lapangan sudah terjadi banyak perubahan, seringkali mengalami kesulitan terhadap pembangunan dan juga investasi karena belum disesuaikan. 

"Harapan kita setelah disesuaikan akan memudahkan dalam investasi, ujungnya bisa meningkatkan pendapatan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,"harapnya.

Pun pihaknya berkomitmen pembahasan akan selesai hingga tanggal 14 April mendatang, namun demikian dirinya meminta kepada semua pihak agar bisa berperan dalam memberikan masukan sehingga terlahir Peraturan yang bisa berdampak seluas-luasnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk itu, selama pembahasan Raperda ini berbagai pihak bisa memberikan masukan. 14 April nanti kita selesaikan pembahasan, masukan semua stakeholder, kelompok masyarakat, kawan Media, pegiat lingkungan kita sediakan ruang untuk menyampaikan itu. Karena nanti Fasilitasi tidak hanya sampai Gubernur melainkan hingga Kementerian sehingga nanti mestinya dibutuhkan waktu yang agak panjang," pungkasnya. (Adv)

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPRD Ponorogo Gelar Paripurna Bahas Usulan 3 Raperda

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT