Selasa, 27 September 2022
Advetorial

Efektivitas IPM Diukur Dari Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Lumajang

profile
Achmad

30 Agustus 2022 08:43

595 dilihat
Efektivitas IPM Diukur Dari Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Lumajang
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H Bukasan. (SJP)

LUMAJANG - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Rencana kerja tahunan yang dilaksanakan oleh seluruh satuan kerja akan diukur efektivitasnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

IPM menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H Bukasan, merupakan indeks komposit dari 3 (tiga) jenis indeks yang mengukur tingkat kesehatan, pendidikan, dan pengeluaran masyarakat yang diukur melalui tingkat daya beli masyarakat.

IPM, kata Bukasan, dapat digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pemerintah kabupaten dalam meningkatkan kesejahteraan penduduknya. 

"Menurut data UNDP, IPM mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup," katanya kepada media ini, Senin 29 Agustus 2022 kemarin.

Sebagai ukuran kualitas hidup, politisi PDIP ini mengatakan, IPM dibangun melalui pendekatan tiga dimensi dasar. 

"Dimensi tersebut mencakup umur panjang dan hidup sehat (a long and healthy life), pengetahuan (knowledge); dan standar hidup layak (decent standard of living)," jelasnya. 

Dari pengukuran IPM Kabupaten Lumajang berdasarkan data BPS Provinsi Jawa Timur, sementara tahun 2019 menunjukkan angka 65,33, mengalami pertumbuhan sebesar 0,5 poin dari IPM tahun 2018 dan secara rata-rata naik 0,58 poin selama lima tahun terakhir dari IPM tahun 2015 yaitu 63,02. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Efektivitas IPM Diukur Dari Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Lumajang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT