Kamis, 06 Oktober 2022
Advetorial

Festival Tumpeng Nusantara di Mojokerto, Bupati Ajak Pelajar Viralkan

profile
Andy

11 Agustus 2022 20:26

877 dilihat
Festival Tumpeng Nusantara di Mojokerto, Bupati Ajak Pelajar Viralkan
Bupati Mojokerto saat menerima tumpeng dari dewan juri, didampingi Ketua Pantia, Wulandari Sawitri Candra Wila. (SJP)

MOJOkERTO - Festival Tumpeng Nusantara 2022, dalam rangka menyambut Konferensi G20 di Bali, 15-16 November 2022 mendatang, pertama kali diadakan di Candi Brahu, Kamis (11 /8/2022) pagi.

Dalam sambutannya, Bupati Mojokerto, dr Ikfina Fahmawati mengapresiasi kegiatan Festival Tumpeng Nusantara ini, yang mana telah memilih Kabupaten Mojokerto menjadi tempat yang pertama, karena kegiatan ini merupakan roadshow.

"Kita bersyukur, kegiatan ini diawali di Kabupaten Mojokerto, cikal bakal dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Terima kasih pada semuanya, dalam pelaksanannya berjalan dengan baik," ungkap Ikfina Fahmawati.

Lebih lanjut, Bupati Ikfina mengatakan, kegiatan menghias tumpeng dalam rangka memeriahkan Festival Tumpeng Nusantara 2022 ini diikuti oleh lebih daei 70 sekolah, baik tinggkat SMP maupun SMA, SMK dan MA.

"Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 350 siswa/i di Kabuapaten Mojokerto dapat berlangsung dengan baik, tentunya karena dukungan semua pihak, termasuk bapak/ibu guru yang selalu mendampingi siswa-siswinya. Bagaimana perjuangannya luar biasa sehingga Mbah Kung selaku dewan juri sampai menangis terharu," jelas Ikfina.

Ikfina mengaku, sangat bangga kepada siswa-siswi yang mengikuti kegiatan hari ini. Dimana mereka merupakan penerus bangsa di tangan merekalah kemajuan dan kebangkitan bangsa Indonesia ini.

"Tumpeng dalam bahasa jawa, yen metu kudu sing mempeng (bila keluar harus dengan sungguh-sungguh). Bentuknya kerucut, yang dimakan oleh beberapa orang. Hari ini kita makan siang bersama-sama," terangnya.

Menurutnya, disini ada berbagai jenis tumpeng dengan kekhasan tertentu seperti tumpeng agung, tumpeng kendit, tumpeng jajan pasar, hingga tumpeng robyong. Silahkan, nanti diviralkan di media sosial.

"Ini adalah gerakan baik dan postitif, yang semuanya harus berpatisipasi. Ayo kita viralkan semuanya, supaya di media sosial gerakan postif dalam rangka menjaga budaya ini bisa viral dan menglahkan hal-hal yang tidak baik  yanh marak di dunia digital atau sosial," tandasnya.

Koordinator Nawasena Budaya Nusantara, Wulandari Sawitri Candra Wila

Pemberian hadiah kepada juara 1

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Koordinator Komunitas Budaya Nawasena, Wulandari Sawitri Candra Wila menyampaikan terima kasih kepada Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati atas supprtnya yang luar biasa.

"Terima kasih juga untuk tokoh lintas agama yang dari tadi pagi mendampingi siswa-siswi, Kepala BPCB Jawa Timur, Zakaria Kasimin serta siswa-siswi mulai dari SMP hingga SMA, SMK dan MA atas semangat dan kerja kerasnya yang luar biasa," ungkap Wulandari.

Lebih lanjut, Wulandari mengatakan, pihaknya dari Nawasena Budaya Nusantara adalah komunitas untuk para pelajar. Ingin mengenalkan budaya dari para leluhur.

"Kak Wulan, emang tidak boleh makan yang namanya Topokki, Sushi dan sebagainya? Boleh, tapi kita punya budaya luhur yakni tumpengan. Dalam rangka G20 Indonesia, kita patut berbangga karena menjadi tuan rumah bagi 20 negara lainnya, oleh karena itu ayo bersama-sama viralkan tumpengan," ajaknya.

"Akhir kata, saya mohon maaf jika ada salah dan kurang berkenan. Dunia ini semua itu adalah surga, jika ada cinta di dalamnya," pungkasnya. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Festival Tumpeng Nusantara di Mojokerto, Bupati Ajak Pelajar Viralkan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT