Senin, 28 November 2022
Advetorial

Gedung Sekolah Ambruk, Pemkab Jember Kolaborasi Dengan Jajaran Samping 

profile
Rochul

10 Oktober 2022 21:35

442 dilihat
Gedung Sekolah Ambruk, Pemkab Jember Kolaborasi Dengan Jajaran Samping 
Kegiatan Pemkab Jember Sinergi TNI-Polri Tangulangi Dampak Bencana.

JEMBER – Beberapa hari terakhir, Kabupaten Jember dilanda hujan dengan intensitas cukup tinggi. Akibatnya, ada sejumlah gedung sekolah yang terkena dampak. Berdasar data yang dihimpun dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, tercatat ada tiga titik sekolah yang terdampak.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Hadi Mulyono menerangkan bahwa titik pertama di SDN Mojomulyo 02 Puger. Menurut dia, halaman sekolah tergerus air sehingga mengalami erosi dan tanah longsor. Kedua, di gedung SDN Badean 01 Bangsalsari, eternit jatuh. Ketiga, yakni rusaknya empat bangunan lokal gedung SDN Gelang 07 Sumberbaru. Beruntung, sejumlah kejadian tersebut tidak menelan korban lantaran para siswa libur tanggal merah, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Atas kejadian itu, Dinas Pendidikan Jember segera melakukan penindakan secepatnya. “Atas arahan dari Bupati Jember, untuk cek lokasi dan mencari solusi yang cepat,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Jember.

Dari beberapa arahan tersebut, pihaknya segera melakukan cek lokasi di SD Mojomulyo 02 Puger bersama dengan OPD terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember termasuk Muspika Puger. “Untuk sementara, kami memasang jumbo pack dengan pasir.

“Kedua, akibat jatuhnya eternit di SDN Badean 01 Bangsalsari, Alhamdulillah dengan anggaran BOSDA yang melekat di SD tersebut, akan segera dibetulkan secepatnya,” lanjutnya. 

Terakhir penanganan di SDN Gelang 07 Sumberbaru. Bersama dengan jajaran TNI, Polri, BPBD, dan muspika setempat, pihaknya memasang tenda pada kemarin (09/10/2022). Harapannya, kegiatan belajar dan mengajar bisa tetap berjalan.


“Terima kasih kepada seluruh pihak sehingga penanganan ini dapat berjalan dengan baik,” kata hadi.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Hadi itu juga memberikan arahan kepada kepala sekolah setiap sekolah untuk melakukan pemetaan serta pemantauan agar KBM bisa tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara itu, Kepala SDN Mojomulyo 02 Puger Zuhriyah Praharani mengucapkan banyak terima kasih atas sikap cepat tanggap yang dilakukan Pemkab Jember melalui dinas pendidikan yang bersinergi dengan banyak pihak. “Terima kasih Bapak Bupati, yang telah memberikan bantuan penahan longsor sehingga halaman sekolah kami dapat digunakan kembali dengan aman dan nyaman. Kami tunggu pelengsengan tahun depan,” ucapnya.

Ucapan terima kasih juga datang dari wali murid. Mengingat, dia sempat khawatir kejadian itu dapat mengganggu kegiatan belajar anaknya. Beruntung, segera ada tindak lanjut dari pemerintah dan banyak pihak termasuk para relawan bencana. “Terima kasih atas bantuan ini pak (Bupati Jember, Red), Wes Wayahe Jember Keren,” terang Subakir.(Lum)

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gedung Sekolah Ambruk, Pemkab Jember Kolaborasi Dengan Jajaran Samping 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT