Kamis, 30 Juni 2022
Advetorial

Jangan Lewatkan! Semarak Perhelatan "Juni Bulan Bung Karno" di Kota Mojokerto

profile
Andy

30 Mei 2022 20:10

588 dilihat
Jangan Lewatkan! Semarak Perhelatan "Juni Bulan Bung Karno" di Kota Mojokerto
Promosi "Juni Bulan Bung Karno" di Kota Mojokerto.

KOTA MOJOKERTO - Juni merupakan bulan kelahiran Sang Proklamator yang akrab disapa Bung Karno.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Mojokerto menghelat sebuah acara akbar, yakni 'Juni Bulan Bung Karno' pada tanggal 1 hingga 2 Juni 2022 di SDN Purwotengah.

SDN Purwotengah ini dijadikan tempat perhelatan "Juni Bulan Bung Karno", mengingat SDN ini dahulu dikenal dengan nama "Sekolah Ongko Loro" yang merupakan sekolah Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno. Sekolah ini berada di Jalan Taman Siswa nomor 12 Kota Mojokerto.

Tak lepas dari Kerajaan Majapahit, Kota Mojokerto tentunya mempunyai segudang budaya, permainan tradisional yang layak disuguhkan dalam perhelatan ini.

Semakin semarak, perhelatan "Juni Bulan Bung Karno" ini dimeriahkan dengan pameran lukisan dan heritage, permainan jadul (zaman dulu) hingga sajian wayang beber.

Didahului dengan pelaksanaan upacara untuk mengenang jasa Bung Karno, "Juni Bulan Bung Karno" ini dibuka dengan tampilan permainan dan lomba-lomba, pameran lukisan dan heritage, permainan jadul anak SD, Rabu (1/6/2022) mendatang.

Kemudian, dilanjutkan dengan penampilan finalis lomba bercerita, foto dan pidato mirip Soekarno. Tak hanya itu, kunjungan ruang kelas yang dahulu menjadi tempat Soekarno kecil belajar pun menjadi daya tarik tersendiri.

Ada juga lomba lukis, lomba kostum hingga wayang beber. Sore harinya dilanjutkan dengan Sarasehan Hari Lahir Pancasila mengambil topik "Mengenal Lebih Dekat Jejak Bung Karno".

Keesokan harinya, berbagai ragam budaya juga kembali disajikan seperti pameran karya Lukis dan heritage, tampilan permainan jadul anak SMP, sajian wayang beber hingga puncaknya adalah pagelaran ludruk.

Susunan acara Juni Bulan Bung Karno

Sejarah Sekolah "Ongko Loro" yang kini bernama SDN Purwotengah

Sebelumnya SDN Purwotengah ini disebut dengan nama sekolah "Ongko Loro". Semasa kecilnya, Presiden RI pertama, Bung Karno ini belajar di sekolah "Ongko Loro".  

Sekolah tingkat dasar itu juga disebut Inlandsche School yang diperuntukkan untuk warga pribumi. Proklamator kemerdekaan Indonesia itu diperkirakan bersekolah di Mojokerto pada rentang 1909-1912.

Awalnya, Soekarno menempuh pendidikan dasar di Sekolah Rakyat "Ongko Loro", dari tingkat dua hingga lima. Saat naik ke tingkat lima, ayahnya memindahkan ke Europesche Lagere School (ELS), agar memiliki kualifikasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya.

Bersdasarkan penulusuran jurnalis suarajatimpost.com dari berbagai sumber, jejak Soekarno pernah sekolah di Mojokerto, salah satunya mengacu pada dokumen SK mengajar yang diterima ayahnya, Raden Soekeni.

Berdasarkan beslit yang diterbitkan Kementerian Pendidikan Pemerintah Kolonial Belanda, 22 Januari 1909, Soekeni mendapatkan tugas mengajar di Mojokerto.

Ayah Bung Karno, Pak Soekeni, pindah tugas ke Mojokerto tanggal 22 Januari 1909. Ini SK dari Pemerintah Kolonial Belanda, tapi Soekarno kecil sudah di Mojokerto sejak 1907. (ADV)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jangan Lewatkan! Semarak Perhelatan "Juni Bulan Bung Karno" di Kota Mojokerto

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT