Sabtu, 21 Mei 2022
Advetorial

Jelang Lebaran, Wali Kota Mojokerto Sidak Harga Kebutuhan Pokok

profile
Andy

22 April 2022 18:18

248 dilihat
Jelang Lebaran, Wali Kota Mojokerto Sidak Harga Kebutuhan Pokok
Wali Kota dan jajaran Forkopimda Kota Mojokero sidak barang-barang pokok 

KOTA MOJOKERTO - Menjelang Hari Raya Lebaran, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga kebutuhan bahan pokok, Jumat (22/4/2022) pagi.

Sidak kali ini Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita ini didampingi oleh jajaran Forkopimda dan Kepala Dinas terkait ingin mengecek ketersedian hingga harga kebutuhan pokok baik di pasar tradisional hingga supermarket.

Dalam kunjungannya yang pertama, Ning Ita blusukan masuk ke Pasar Tanjung Anyar Jalan Residen Pamuji nomor 22 untuk berdialog dengan penjual serta masyarakat Kota Mojokerto yang kebetulan berbelanja, setelahnya bergeser ke Superindo.

Ning Ita cek masa expired yang dijual di Supermarket

Ketika diwawancarai awak media, Ning Ita menyampaikan menjelang hari raya Idul Fiti, kenaikan harga bahan pokok mulai merangkak naik.

"Kita melihat beberapa bahan pokok, mulai merangkak naik. Hampir signifikan semua komoditi bahan pokok, tentu ini menjadi atensi kita bersama. Kalau di Pemkot ada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), sedangkan di Polres ada Satgas Pangan. Kita bersinergi bagaimana untuk melaporkan secara berkala bahan-bahan pokok yang mengalami kenaikan sehingga bisa diantisipasi pemerintah agar kenaikannya tidak terlalu tinggi," terang Ning Ita.

Lebih lanjut dikatakan Ning Ita, untuk daging sapi kenaikannya hampir 20 persen, dari Rp 120.000 menjadi Rp 140.000 per kilogram, itu kalau beli kiloan. Kalau masyarakat juga banyak mengecer, beli 1/2 kilogram atau 1/4 kilogram pasti harganya jauh lebih tinggi daripada itu. Padahal yang namanya Idul Fitri, budaya masyarakat tidak lepas dari selametan, anter-anter, tentunya semua itu membutuhkan daging dan bahan pokok tadi.

"Alhamdulilah, sejauh ini parsel tidak ada yang melewati masa expired atau kadaluarsa. Tapi kita sedang melakukan uji terhadap keamanan bahan pangan dari berbagai komiditi, nanti untuk hasilnya akan disampaikan karena masih belum selesai. Untuk ketersedian barang-barang pokok menjelang Idul Fitri ini masih aman, harganya yang perlu kita awasi terus agar tidak merangkak naik," jelasnya.

Menurut Ning Ita, untuk menekan kenaikan harga bahan-bahan pokok, Pemkot Mojokerto melalui DiskopUKMperindag akan melaksanakan operasi pasar dalam waktu dekat ini.

"Yang pertama di Pasar Tanjung Anyar, lalu Pasar Prapanca dan terakhir di Pasar Ketidur," rinci Wali Kota.

Setali tiga uang, KadisopUKMperindag Kota Mojokerto Ani Wijaya menyampaikan, hari Rabu (27/4/2022) akan melaksanakan operasi pasar untuk menekan kenaikan harga bahan-bahan pokok, yang dimulai dari Pasar Tanjung Anyar.

"Setiap hari kita itu mendata setiap pasar, melalui aplikasi sibapo. Itu nanti seluruh pasar, retail hingga gudang harus mengentri, untuk nanti kita pantau harganya. Sementara ini yang mengentri masih pasar-pasar, kita akan terus sempurnakan aplikasinya sehingga setelah lebaran nanti semuanya wajib mengentri. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini kita bisa terus memantau harga bahan-bahan pokok, kenaikan yang terjadi saat ini karena saat ini bisa dibilang peak season, banyak yang bancakan malam-malam," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jelang Lebaran, Wali Kota Mojokerto Sidak Harga Kebutuhan Pokok

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT