Kamis, 06 Oktober 2022
Advetorial

Jelang Pelaksanaan PTSL Serta PAW, Bupati Jember Bentuk Satgas Saber Pungli

profile
Rochul

05 September 2022 15:07

421 dilihat
Jelang Pelaksanaan PTSL Serta PAW, Bupati Jember Bentuk Satgas Saber Pungli
Bupati Jember Saat bentuk Tim Satgas Saber Pungli. (SJP)

JEMBER – Menjelang pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW), Bupati Jember Hendy Siswanto mengajak seluruh pihak yang terlibat untuk bersama tidak melakukan pungutan liar atau pungli serta tolak gratifikasi.

Dalam kegiatan pertemuan tersebut, Ia mengatakan bahwa Pemkab Jember telah membentuk Satgas Saber Pungli pada Januari 2022.

" Hal Ini dalam rangka kita menyelamatkan diri kita sendiri dengan tidak melakukan pungli dan menolak gratifikasi. Ini mengingatkan kita semua bahwa itu semua beresiko tinggi bagi kita,” Kata Bupati Hendy Siswanto, Senin,(5/9/2022).

Ada 5 desa yang akan menyelenggarakan PTSL di antaranya Desa Tugusari, Dukuhdempok, Suci, Ajung dan Baletbaru.


Bupati Hendy mendorong untuk memaksimalkan PTSL. Bupati juga menjelaskan jika PTSL itu memang gratis, tetapi seperti pathok tapal batas itu beli, tenaga untuk mengukur juga itu seyogyanya diberi upah juga, dan setiap bidang tanah itu ukurannya berbeda, ada beberapa yang persegi, ada yang mencong-mencong jadi tidak sama sehingga kebutuhan pathoknya juga tidak sama,” ungkap  Bupati Hendy Siswanto.


Ia akan berkoordinasi dengan BPN Jember untuk menentukan standar biaya untuk harga pathok dan upah tenaga pengukur tanah.

"Kemarin ada yang komplain kok biayanya tidak sama, dan ketika kami cek ternyata tanahnya itu berbeda, letak tanahnya juga lebih sulit dijangkau sehingga biayanya lebih banyak, itu yang mesti dipahami warga,” jelasnya.(Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jelang Pelaksanaan PTSL Serta PAW, Bupati Jember Bentuk Satgas Saber Pungli

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT