Kamis, 11 Agustus 2022
Advetorial

Jember Bangkit, Tingkatkan Ekonomi dari Bawah Event Pasar Budaya Jadoel Digelar

profile
Rochul

16 Juli 2022 13:48

841 dilihat
Jember Bangkit, Tingkatkan Ekonomi dari Bawah Event Pasar Budaya Jadoel Digelar
Kegiatan Pasar Budaya Yang berada di kampung londo PTPN XI kencong Jember. (SJP)

JEMBER – Pasca pandemi yang melanda Indonesia, dan kebijakan pemerintah yang akhirnya melonggarkan semua kegiatan membuat beberapa masyarakat berbondong-bondong membuat event yang bertujuan meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Salah satunya kegiatan yang dikemas dengan tema pasar budaya tempo dulu yang digelar di Kampung londo kencong kota tua yaitu bekas pabrik gula PTPN XI Gunungsari kencong.

Kegiatan ini berjalan selama 2 hari mendatang, dari Sabtu 16 Juli hingga Minggu 17 Juli 2022 hasil inisiasi Komunitas Kencong Kota Tua.

Bukan hanya Komunitas Kencong Kota Tua saja,  mahasiswa Inaifas, (institut agama Islam alfalah Asunniyah) juga ikut mensukseskan kegiatan UMKM dan juga carnaval dengan tema berdandan baju bertema jaman dulu.

Berlatar belakang kencong tempo dulu, dengan tempat wisata Heritage bekas bangunan peninggalan jaman Belanda.

Dipilih oleh panitia kegiatan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas, juga memberikan ruang tempat baru bagi pelaku UMKM atau pelaku seni yang tergabung dalam Komunitas Perupa Jember (KPJ).

KPJ turut meramaikan kegiatan kebangkitkan ekonomi Jember dari tingkat bawah.


"Alhamdulillah setelah lama Vacum, kini kegiatan bisa digelar Kembali dan bertempat di kampung londo PTPN XI Gunungsari kencong.kegiatan ini kami laksanakan bersama sama untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan dan membuat market place bagi rakyat," kata Ketua Komunitas Kencong Kota Tua, Ulum Pitix, Sabtu,(16/7/2022) saat dikonfirmasi disela sela kegiatan berlangsung.


Ditanya lebih lanjut terkait produk apa yang dijual di kegiatan tersebut, Ulum mengaku sejak jauh jauh hari sudah menyebar Flayer kegiatan.

"Jadi bagi warga yang berminat untuk berdagang jenis apapun bisa langsung menghubungi panitia, selanjutnya telah siapkan ratusan tenda untuk di gunakan masyarakat berjualan," terangnya.

Lebih lanjut, panitia juga menambahkan jika kegiatan ini tidak hanya kegiatan UMKM saja, namun juga ada kegiatan melukis on the spot dan pameran lukisan yang dilakukan oleh komunitas perupa Jember,(KPJ).

"Menonjolkan UMKM, dan juga melukis wisata Heritage kampung londo dan juga carnaval budaya tempo dulu, agar masyarakat yang hadir juga bisa berdandan ala tempo dulu," jelas Ulum.

Hal itu, masih kata Ulum, lebih mengena dalam kegiatan yang bertempat dilokasi bekas pabrik gula bangunan jaman Belanda," terangnya.

Terpisah, pelaku UMKM dengan produk madu, Shahrul Alim, mengaku sangat mendukung kegiatan Jember Bangkit.

"Dengan kegiatan rutin seperti ini dilaksanakan, bisa cepat menumbuhkan ekonomi kerakyatan di tengah pulihnya Indonesia setelah Tragedi pandemi Covid-19," katanya.


Sebagai pelaku usaha, Shahrul melihat ini adalah moment luar biasa bagi produk madu miliknya bisa dikenal di khalayak luas.

"Besok saya akan bawa sarang madu bersama lebah nya juga, agar masyarakat tahu mana madu yang asli dan bisa cicipi langsung dari rumah lebah," kelakarnya.

Dari puluhan pelaku usaha UMKM tersebut, selain menjual berbagai makanan olahan jaman dulu dan juga modern, pelaku usaha juga ada yang menjual pupuk organik untuk membantu petani yang saat ini kesulitan dalam hal mencari pupuk buat padi dan palawija dan segala macam jenis tanaman dengan harga yang ekonomis.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jember Bangkit, Tingkatkan Ekonomi dari Bawah Event Pasar Budaya Jadoel Digelar

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT