Jumat, 03 Februari 2023
Advetorial

Kendalikan Dampak Inflasi, Pemkab Jember Lalukan Operasi Pasar Murah

profile
Rochul

05 Desember 2022 17:45

636 dilihat
Kendalikan Dampak Inflasi, Pemkab Jember Lalukan Operasi Pasar Murah
Tabel kegiatan operasi pasar murah dikabupaten Jember. (SJP)

KABUPATEN JEMBER –Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar Operasi Pasar mulai hari ini Desember hingga 20 Desember mendatang.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Disperindag Bambang Saputro menjelaskan bahwa operasi pasar tersebut dilaksanakan guna menjaga stabilitas harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jember.

Dalam hal ini, Disperindag juga bekerja sama dengan Bank Indonesia Jember dan Bulog Cabang Jember.

“Operasi pasar ini juga dilaksanakan untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga pokok yang biasanya terjadi di akhir tahun, tepatnya pada momen perayaan Natal dan pergantian tahun baru," katanya, Senin,(5/12/2022).

Selain itu, sejumlah komoditas bakal dipersiapkan oleh Bulog Cabang Jember untuk mencegah adanya kelangkaan barang terhadap komoditas tertentu,  di antaranya, beras, minyak goreng, telur ayam, dan sejumlah produk komoditas lain.

Sementara itu, operasi pasar akan digelar di sejumlah pasar. Mulai Pasar Sempolan, Umbulsari, Tegal Besar, Rambipuji, Jenggawah, Tanggul, Puger, Mayang, Ambulu, Kepatihan, Bangsalsari, hingga Pasar Balung Lama.

“Operasi pasar plus penyediaan sejumlah komoditas juga dilaksanakan di Alun-alun Jember pada Sabtu, 17 Desember 2022,” jelasnya.

Dengan kegiatan tersebut, agar pengendalian harga bahan pokok di pasar tetap dalam kondisi stabil dan masyarakat tidak kebingungan.

“Dengan adanya kenaikan BBM sejak 3 september lalu, stok ketersediaan bahan pokok di Jember juga terjamin aman dan harga bahan pokok secara umum relatif stabil,” ungkapnya.

Selain itu, bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, pihaknya sudah lebih dulu menggelar operasi pasar bertajuk Operasi Pasar Lumbung Pangan Jawa Timur mulai September hingga Desember 2022.

Tercatat, ada sebanyak empat pasar yang dikunjungi setiap Minggu. Mulai Pasar Tanjung, Pasar Kreongan, Pasar Mangli, hingga Pasar Wirolegi. (ADV)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kendalikan Dampak Inflasi, Pemkab Jember Lalukan Operasi Pasar Murah

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT