Senin, 27 Maret 2023
Advertorial

Lantik 57 Kades, Mas Dhito: 'Bose Jenangan ya Rakyat'

profile
Doi

04 Maret 2023 20:43

1.6k dilihat
Lantik 57 Kades, Mas Dhito: 'Bose Jenangan ya Rakyat'
Pilkades serentak pada 2022 dilantik dan diambil sumpah oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. Jumat (3/3/2023). (Advertorial)

Kabupaten Kediri, SJP – Sebanyak 57 kepala desa periode 2023- 2029 hasil Pilkades serentak pada 2022 dilantik dan diambil sumpah oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di Pendopo Panjalu Jayati, Jumat (3/3/2023).

Kepada 57 kepala desa yang telah dilantik, Mas Dhito sapaan akrab bupati Kediri meminta untuk segera membuat program unggulan desa yang dapat direalisasikan pada tahun 2023 ini. 

"Keputusan realisasi itu nanti ada di Musrenbang Kabupaten, saya akan pilih nanti tiga desa yang punya program paling baik, tiga desa yang bisa merealisasikan programnya," kata Mas Dhito.

Mas Dhito berpesan, program desa yang dibuat itu harus dapat bersentuhan dengan masyarakat miskin yang ada di desanya masing-masing. Hal itu sebagaimana program pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan.

"Nanti yang bisa menjadi tiga terbaik ini kalau butuh BK (Bantuan Keuangan) bilang sama saya butuhnya berapa," ungkap Mas Dhito 

Persoalan kemiskinan tak dipungkiri masih terjadi di Kabupaten Kediri dan pemerintah tengah memetakan kantong-kantong kemiskinan yang ada di Bumi Panjalu. 

Kepala desa yang baru saja dilantik diharapkan dapat segera bekerja untuk dapat memetakan kantong kemiskinan yang ada di desanya masing-masing. 

"Pak Kades harus tahu masyarakatnya yang miskin berapa orang yang harus diangkat derajatnya berapa orang," tuturnya.

Mas Dhito menekankan angka kemiskinan harus dapat diturunkan. Pemerintah Kabupaten Kediri siap memberikan support terhadap program prioritas desa yang memberikan dampak terhadap kesejahteraan rakyat.

Disisi lain, disampaikan Mas Dhito, setelah dilantik kepala desa telah memiliki kewajiban untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. 

Dengan tanggung jawab itu, Mas dhito berpesan kepada semua kepala desa untuk bekerja keras demi meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan desa.

"Saya harus ingatkan jabatan itu cuma mandat enggak dibawa mati, Bose jenengan itu ya rakyat," pesannya.

Mas Dhito berharap kepala desa yang baru saja dilantik dapat bekerja dengan amanah dan menjadi kepala desa yang dicintai oleh rakyatnya. 

Sebagaimana diketahui, 57 kepala desa yang baru saja dilantik tersebut merupakan hasil pelaksanaan pilkades serentak yang diadakan pada 7 Desember 2022 yang tersebar di 13 Kecamatan. Mereka merupakan kades terpilih dari total 155 calon.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri Agus Cahyono menerangkan, dari 57 kepala desa yang telah dilantik dan diambil sumpahnya 31 kepala desa merupakan sosok baru dan 26 lainnya merupakan incumbent.

"Saat pelaksanaan Pilkades serentak dari 155 calon, incumbent yang terpilih kembali dan dilantik ada 26 kades," terangnya. (Wawan / ADV)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Lantik 57 Kades, Mas Dhito: 'Bose Jenangan ya Rakyat'

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT