Minggu, 02 Oktober 2022
Advetorial

Lebaran Pertama, Paguyuban Saras Bersama Bupati Bagi Daging Kurban

profile
Rochul

09 Juli 2022 12:23

460 dilihat
Lebaran Pertama, Paguyuban Saras Bersama Bupati Bagi Daging Kurban
Bupati Jember saat dalam rangka kegiatan berbagi Daging Qurban bersama paguyuban. (SJP)

JEMBER – Sebagian masyarakat di Kabupaten Jember merayakan Hari Raya Idul Adha (Hari Raya Kurban) 1444 H pada hari ini Sabtu (9/7/2022), seperti yang dilakukan oleh Paguyuban Saras (Sami Rahayu Rukun Agawe Santoso) di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.

Bupati Jember H. Hendy Siswanto yang hadir dan ikut membagikan daging kurban untuk warga, kepada wartawan mengatakan, bahwa pada Hari Raya Idul Adha tahun ini memang ada perbedaan, dimana sebagian masyarakat merayakan pada hari Sabtu 9 Juli dan sebagian lagi pada Minggu 10 Juli besok.

Namun meski ada perbedaan dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, Bupati menyatakan, bahwa perbedaan dalam melaksanakan Hari Raya tidak hanya sekali terjadi, dan ini sudah biasa terjadi, oleh karenanya pihaknya juga berharap warga Jember saling menghormati.

“Memang pada tahun ini ada perbedaan waktu dalam merayakan hari raya Idul Adha, seperti yang dilakukan oleh Paguyuban Saras ini, mereka melaksanakan hari raya kurban hari ini, sama dengan di Arafah, sedangkan saya sendiri selaku Bupati juga harus mengikuti kalender pemerintah, dimana Hari raya kurban sudah ditentukan jatuh pada esok hari,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan,bahwa merayakan hari raya kurban, bukan pada perbedaan yang harus di perdebatkan, akan tetapi bagaimana masyarakat bisa mengambil hikmah dan makna dari berkurban itu sendiri.

“Seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim yang bisa dijadikan suri tauladan, masyarakat harus mencontohnya, bagaimana saat Nabi Ibrahim dengan penuh keikhlasan oleh Alloh di uji untuk mengorbankan Nabi Ismail anaknya, saat Nabi Ibrahim hendak menyembelih Nabi Ismail, oleh Alloh diganti dengan se ekor domba, hal ini tidak lepas karena ikhlas dan taatnya Nabi Ibrahim dalam menjalankan perintah Alloh, oleh karenanya masyarakat harus bisa ikut meneladaninya,” ujar Bupati.

Sementara itu Suyatman selaku panitia penyembelihan kurban sekaligus Wakil ketua dari Paguyuban Saras, kepada wartawan mengatakan, bahwa Paguyuban Saras merupakan paguyuban kerukunan umat beragama yang ada di berbagai daerah di Indonesia, yang mana setiap tahunnya selalu menyelenggarakan kurban dan juga menyalurkan zakat fitrah.

Untuk tahun ini, Paguyuban Saras membagikan 4300 paket daging kurban kepada masyarakat tidak mampu di wilayah Kecamatan Sumbersari dan sekitarnya, dari 12 ekor sapi yang di sembelih, dimana hewan kurban ini merupakan iuran anggota Paguyuban Saras dari berbagai daerah.

“Tahun ini kami menyembelih hewan kurban 12 ekor sapi yang memiliki bobot rata-rata 7 kwintal untuk 4300 paket daging, dimana 4300 paket ini kita bagikan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Sumbersari dan sekitarnya,” ujar Suyatman.

Tidak hanya membagikan paket daging kurban, Suyatman juga memberikan tambahan uang sebesar Rp. 10 ribu kepada setiap warga yang menerima paket daging kurban. “Selain daging kurban, kami juga memberikan uang untuk membeli bumbunya sebesar 10 ribu bagi penerima daging kurban, agar saat menerima daging kurban, warga tidak lagi bingung membeli bumbunya,” jelas Suyatman.

Sementara untuk 12 ekor sapi yang disembelih pada hari raya kurban ini, Suyatman juga menyatakan, bahwa sapi dalam kondisi sehat dan selalu dipantau kesehatannya dari Dinas Peternakan Pemkab Jember.

“Untuk dagingnya, masyarakat penerima daging kurban tidak perlu takut, karena sapi yang kami kurban adalah sapi super, dan kesehatannya selalu di pantau oleh Dinas Peternakan, jadi kesehatan sapi sangat terjaga dan tidak terkena virus PMK,”.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Lebaran Pertama, Paguyuban Saras Bersama Bupati Bagi Daging Kurban

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT