Minggu, 22 Mei 2022
Advetorial

Luar Biasa, Jember Bakal Punya Satu Desa Devisa dengan Produk Ekspor Kopi Robusta

profile
Rochul

02 April 2022 12:57

5.4k dilihat
Luar Biasa, Jember Bakal Punya Satu Desa Devisa dengan Produk Ekspor Kopi Robusta
Pemerintah Kabupaten Jember menggagas terbentuknya desa devisa.

JEMBER - Pemerintah Kabupaten Jember menggagas terbentuknya desa devisa, yakni untuk Desa Sidomulyo di Kecamatan Silo. 

Alasannya, desa ini mampu menghasilkan kopi jenis robusta dalam jumlah sangat banyak dengan standar mutu untuk keperluan ekspor ke negara lain.

Upaya membentuk desa devisa mendapat sokongan dari Komisi XI DPR RI, Bank Indonesia, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), dan PT Bright Java Indonesia. 

Desa Sidomulyo dianggap layak, karena disebut-sebut mampu memproduksi kopi robusta berkualitas ekspor hingga mencapai total 10.000 ton per tahun. 

Langkah terbentuknya desa devisa ditandai dengan kerjasama ekspor kopi robusta antara pihak Koperasi Ketakasi Desa Sidomulyo dengan PT Bright Java Indonesia. 

"Pertama kali kami tunjuk Sidomulyo sebagai desa devisa, karena memenuhi syarat. Saat ini MoU untuk ekspor kopi ke Amerika," Kata Bupati Jember Hendy Siswanto, Sabtu,(2/4/2022).

Anggota Komisi XI DPR RI Charles Mekiansyah menjelaskan, pihaknya mendorong LPEI dan Bank Indonesia agar benar-benar serius menyokong aktivitas ekspor Desa Sidomulyo. 

"Mereka harus mendukung permodalan, pelatihan, dan pasar. (Dorongan) itu yang akan kami lakukan dari Komisi XI," tegasnya. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember Yukon Afrinaldo menilai Koperasi Ketakasi di Desa Sidomulyo yang menghasilkan 10.000 ton untuk ekspor berperan menjadi bagian penutup defisit neraca berjalan. 

Yukon menginginkan mereka terus menjaga kualitas kopi yang sudah dipercaya oleh para eksportir. Sebab, konsistensi terhadap mutu produk sangat menentukan respon dari pasar. 

"Supaya benar-benar terjaga dari A sampai Z dalam mengelola usaha. Ketakasi punya potensi besar. Berdasarkan data yang kami lihat, bisa menghasilkan 10.000 ton per tahun. Kami optimistis menjadi pusat robusta untuk ekspor," ungkapnya.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Luar Biasa, Jember Bakal Punya Satu Desa Devisa dengan Produk Ekspor Kopi Robusta

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT