Kamis, 09 Februari 2023
Advetorial

Main Main Pindahkan Papan Aset Pemkab, 2 Perusahaan Tambang Gunung Sadeng Kena SP-1

profile
Rochul

08 Oktober 2022 12:45

996 dilihat
Main Main Pindahkan Papan Aset Pemkab, 2 Perusahaan Tambang Gunung Sadeng Kena SP-1
Pemkab Jember Saat Berikan SP-1 Kepada 2 Perusahaan Gunung Sadeng Puger. (SJP)

JEMBER – Nekat pindahkan papan aset Pemkab Jember yang berada di lokasi tambang kapur di gunung Sadeng, 2 perusahaan penambang kapur mendapatkan Surat Peringatan (SP) Pertama (1) dari Pemerintah Daerah Kabupaten Jember. 

Awalnya, Pemkab Jember mendapat informasi adanya pergeseran papan aset. Setelah meninjau lokasi yang dimaksud, Jum'at, 7 Oktober 2022 ternyata benar terjadi .

Rombongan peninjau dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag), Bambang Saputro.

" Kami menindaklanjuti laporan adanya pencabutan dan penggeseran papan aset milik Pemkab Jember di lokasi gunung Sadeng oleh PT SBS dan CV Asih, maka tim dari Pemkab Jember turun langsung ke lokasi," kata Kadisperindag.

Hasil dari tinjauan tersebut, didapatkan,  di lokasi penambangan PT SBS telah bergeser dari tempat semula. Pelakunya adalah PT SBS sendiri pada beberapa hari yang lalu. 

"Kami berikan surat peringatan yang ditandatangani pak sekda atas tindakan tersebut," ucap Bambang.

Atas peristiwa tersebut Kepala Disperindag menegaskan jika papan aset itu dikembalikan ke tempat semula oleh karyawan PT SBS dibantu Sat Pol PP (Kabupaten Jember) yang dipimpin Kabid Tibum, Herwindo.  

Sedangkan papan aset Pemkab yang dipindahkan oleh CV Asih sudah dikembalikan ke tempat semula. CV Asih juga mendapatkan SP I dari Pemkab Jember atas pemindahan papan aset tersebut. 

Perlu diingat dan diketahui, Pemkab Jember membuat kebijakan atas pengelolaan gunung Sadeng dengan sistem KSP (Kerja Sama Pemanfaatan).

Bupati Jember meminta kontribusi sebesar 30.000 per ton produksi kapur untuk perusahaan kecil.

Sedangkan untuk perusahaan menengah hingga atas akan dikenakan 39.500 per ton produksi. Tetapi pihak Penambang keberatan hingga saat ini.

Kemudian oleh Bupati, pihak pengelola tambang kapur diminta, lewat KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik), untuk menilai bahan tambang yang akan dikelola.

Sehingga kontribusi masing-masing mitra (Pengelola) tambang kapur kepada Pemkab bisa ditentukan besarannya (titik temu) sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten Jember.(Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Main Main Pindahkan Papan Aset Pemkab, 2 Perusahaan Tambang Gunung Sadeng Kena SP-1

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT