Selasa, 27 September 2022
Advetorial

Meninjau Sarana Prasarana Yang Dimiliki DPM-PTSP Serta Layanan Publik, Ombudsman Jawa Timur Datang Ke Jember 

profile
Rochul

06 September 2022 09:36

678 dilihat
Meninjau Sarana Prasarana Yang Dimiliki DPM-PTSP Serta Layanan Publik, Ombudsman Jawa Timur Datang Ke Jember 
Ombudsman Jawa timur saat datangi beberapa organisasi Perangkat daerah. (SJP)

JEMBER - Ombudsman Jawa Timur mendatangi beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Jember untuk melakukan penilaian terhadap penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2022.

Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu (DPM-PTSP) menjadi salah satu OPD yang dikunjungi Ombudsman Jatim, Senin (05/9/2022). 

Tim Ombudsman melakukan wawancara langsung dengan beberapa orang pemohon perizinan dan meninjau sarana prasarana yang dimiliki DPM-PTSP. 

Asisten Ombudsman Jatim Muhammad Dianto saat ditemui disela-sela penilaian mengatakan, soal standar penilaian ada 4 indikator yang dijadikan rujukan. 

"Terkait penilaiannya sendiri, pertama kita menilai kompetensi penyelenggara jadi bagaimana kompetensi penyelenggara memahaminya tugas dan kewenangannya yang berkaitan seputar pelayanan publik. Kedua, kita berbasis pemenuhan SPP atau standar pelayanan publiknya, ada 11 indikator. Salah satunya mulai persyaratan, mekanisme, biaya itu sudah terpampang atau tidak, baik visi misi, motto, maklumat itu semua 11 indikator tim akan mengecek," Kata Dianto.


Selain itu pihaknya juga menjelaskan, jika melakukan peninjauan langsung adalah cara terbaik mengetahui kinerja.

"Ketiga, Ombudsman akan melakukan penilaian persepsi administrasi dimana respondennya adalah masyarakat, dari satu Pemda respondennya ada 30 masyarakat yang tersebar di 4 OPD. Keempat, penilaian terhadap pengolahan pengaduan yang sudah diselenggarakan oleh dinas atau OPD. Nanti kita melihat apakah SOP-nya sudah dijalankan atau belum, kemudian bagaimana tahap penyelesaian yang sudah dilaksanakan," imbuhnya. 

Dari 4 indikator penilaian tersebut, Ombudsman akan mengakumulasi nilainya setiap dinas kemudian akan diakumulasikan ke nilai pemerintah daerah. 

Soal sarana dan prasarana di DPM-PTSP, Dianto menyatakan, untuk standar pelayan publiknya sudah terpenuhi sesuai SOP. Hal itu ditunjukkan dengan terpampangnya setiap mekanisme mulai dari cara perizinan, pengaduan, adanya layanan informasi, ruang baca, bahkan ruang laktasi (khusus ibu menyusui). 

Di tempat yang sama, Kepala DPM-PTSP Arief Tjahyono optimis mendapatkan nilai yang baik dari Ombudsman karena semua SOP sudah dijalankan. 

"Yakin dapat nilai yang terbaik. Kita lihat di sini, semua informasi terpampang jelas di dinding kantor. Layanan informasi, pengaduan, sampai ruang untuk ibu menyusui kami siapkan," jelasnya.

Selain dinas DPM-PTSP juga dinas kependudukan dan pencatatan sipil dan dinas penanaman modal yang didatangi ombudsman Jatim.(Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Meninjau Sarana Prasarana Yang Dimiliki DPM-PTSP Serta Layanan Publik, Ombudsman Jawa Timur Datang Ke Jember 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT