Kamis, 09 Februari 2023
Advetorial

Pelatihan Bersertifikasi Dilakukan Disnaker Untuk Mencetak SDM Yang Berkualitas

profile
Achmad

08 November 2022 13:07

553 dilihat
Pelatihan Bersertifikasi Dilakukan Disnaker Untuk Mencetak SDM Yang Berkualitas
Kadisnaker ketika mengecek peserta dalam kegiatan pelatihan dengan BLK Jember

LUMAJANG - Demi untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, dari eks pekerja pabrik rokok yang dimasukkan ke dalam data pencari kerja (pencaker) dan sudah mempunyai Kartu Kuning (kartu Siap Kerja), Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Lumajang ajak pelatihan berbasis kompetensi. 

Menurut Kepala Disnaker Kabupaten Lumajang, dr Rosyidah, kepada sejumlah media menerangkan, jika pihaknya ingin memberikan pelatihan yang bukan hanya sekedar pelatihan semata, namun yang mempunyai basis sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Menurut dr Rosyidah, SDM itu sangat menentukan proses berhasilnya kinerja suatu  perusahaan. Maka dari itu, pengembangan SDM, bertujuan untuk lebih memudahkan terwujudnya tujuan perusahaan, sebab berkualitasnya SDM dianggap mampu dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pegawai atau karyawan di dalam suatu perusahaan.  

“Pentingnya pelatihan dan pengembangan SDM kali ini, diharapkan masyarakat yang mengikuti pelatihan ini, mampu melakukan pekerjaannya atau memiliki kapabilitas sesuai kebutuhan kompetensi, hal ini juga berdampak pada penilaian masyarakat sebagai pelanggan,” ungkapnya kepada media ini, Sabtu (5/11/2022). 

Untuk itulah, menurut Kadisnaker Kabupaten Lumajang, pihaknya berkomitmen meningkatkan kapasitas dan kapabilitas setiap peserta dapat mengikuti dengan maksimal, melalui pelatihan dan pengembangan berdasarkan kompetensi teknik dan non yang dimiliki oleh peserta.

“Makanya jangan sampai peserta tertinggal materinya, kalau bisa benar-benar diikuti hingga tuntas, sebab sangat rugi jika terlewati materinya, sebab ini kompetensi BNSP yang ber-Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), harus dimanfaatkan dengan betul,” paparnya lagi.

Sebab dengan SKKNI para peserta nanatinya memiliki rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan.

“Kami menggunakan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCBHT) Tahun 2022 sebesar Rp 1,49 milyar untuk 5 paket pelatihan ini, yang bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Jember dan BNSP,” tambahnya.

Sementara itu, staf Disnaker Kabupaten Lumajang, Hana, yang menanggani pelatihan tersebut, sebagai pengantar kerja, kepada media ini juga menambahkan jika pelatihan itu peningkatan kompetensi pekerja terkait dengan produktivitas kerja.

“Pelatihan yang dilakukan ada 2 paket pelatihan tata boga atau pengolahan makanan, paket pelatihan otomotif ada 2 paket dan sati paket pelatihan untuk menjahit,” terangnya menirukan apa yang disampaikan Kadisnaker.

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pelatihan Bersertifikasi Dilakukan Disnaker Untuk Mencetak SDM Yang Berkualitas

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT