Minggu, 22 Mei 2022
Advetorial

Peluncuran Rumah Restorative Justice di 17 Kelurahan Kota Mojokerto

profile
Andy

31 Maret 2022 15:02

5.9k dilihat
Peluncuran Rumah Restorative Justice di 17 Kelurahan Kota Mojokerto
Peluncurah Rumah Restorative Justice di Shaba Krida Tama Gedhong Hageng Kota Mojokerto.

KOTA MOJOKERTO - Secara serentak, peluncuran Rumah Restorative Justice (RJ) di 17 kelurahan di Kota Mojokerto, Kamis (13/3/2022) siang.

Sebelumnya, Rumah RJ di Kelurahan Kranggan yang menjadi pilot project Kejati Jawa Timur sudah diresmikan awal Maret 2022.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyampaikan, semua kelurahan di Kota Mojokerto sudah mempunyai Rumah RJ.

"Alhamdulilah, hari ini merupakan peluncuran Rumah RJ yang ketiga. Awalnya waktu itu Kajarinya masih Pak Agustinus, yang kedua adalah ketika Kajari yang baru Pak Hadiman sudah menjabat tiga hari. Di peluncuran yang ketiga ini sudah lunas, sebanyak 18 kelurahan sudah mempunyai Rumah RJ," ungkap Wali Kota Mojokerto.

Lebih lanjut dikatakannya, Jaksa Agung ST Burhanuddin meluncurkan Rumah RJ sebagai salah satu upaya untuk menegakkan keadilan untuk masyarakat atau warga kecil sehingga tercipta kondusifitas.

"Beberapa waktu lalu, Kalapas Mojokerto Dedy Cahyadi juga menyampaikan seharusnya jumlah warga binaannya sekitar 300 namun saat ini sudah mencapai hampir 1.000. Diharapkan dengan adanya Rumah RJ, tidak semua perkara harus masuk ke pengadilan namun bisa diselesaikan dengan keadilan restoratif," tandasnya.

Sementara itu, Kejati Jatim Mia Amiati menyampaikan jika sebelumnya hukum tajam ke bawah, namun tumpul ke atas, dengan adanya keadilan resrtoratif ini bisa sebaliknya.

"Yakni tajam ke atas, tetapi tumpul.ke bawah. Tidak semua perkara bisa mendapatkan keadilan restorarf ada beberapa syarat, diantaranya belum pernah melakukan tindak pidana, ada kesepakatan damai, ancaman maksimal hukuman tidak lebih dari 5 tahun,  dan nilai kerugian yang diakibatkan tindak tersebut tidak lebih dari Rp 2.500.000. Hari ini ada peluncuraj secara serentak 72 Rumah RJ yang tersebar di 16 kota / kabupaten di Jawa Timur ," ungkap Mia Amiati.

Terkait Rumah Restorative Justice, Kajari Kota Mojokerto Hadiaman mengapresiasi Wali Kota serta Forkopimda yang berperan aktif sehingga di masing-masing kelurahan yakni 18 kelurahan dapat terbentuk Rumah RJ.

"Tak kalah pentingnya, Kota Mojokerto ini merupakan daerah atau wilayah yang kondusif. Terbukti dengan jumlah perkaranya yang hanya sekitar 7 tiap bulannya. Semua ini berkat peran serta Wali Kota dan jajaran Forkopimda agat menjaga Mojokerto ini tetap aman dan kondif," pungkasnya. (ADV)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Peluncuran Rumah Restorative Justice di 17 Kelurahan Kota Mojokerto

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT