Kamis, 06 Oktober 2022
Advetorial

Pembukaan Rakernas II Petanesia di Mojokerto, Dihadiri Tokoh Nasional hingga Monata Bersholawat

profile
Andy

07 Agustus 2022 09:09

764 dilihat
Pembukaan Rakernas II Petanesia di Mojokerto, Dihadiri Tokoh Nasional hingga Monata Bersholawat
Dengan memukul gong, Wakil Ketua Dewan Fatwa Kebangsaan DPP Petanesia, Prof DR KH Asep Saifudin Chalim membuka Rakernas II. (SJP)

MOJOKERTO - Pembukaan Rakernas II (Rapat Kerja Nasional) Petanesia (Pencinta Tanah Air Indonesia) di kampus Institut KH Abdul Chalim Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Pacet Mojokerto dihadiri oleh tokoh nasional, Cak Kirun dan Monata Bersholawat.

Pagi harinya, perwakilan DPW dan DPC Petanesia dari seluruh provinsi di Indonesia datang beruduyun-duyun.

Mulai dari berbagai elemen masyarakat, tokoh lintas agama, seperti perwakilan ulama, pendeta dan biksu, bahkan perwakilan raja-raja dari keraton Solo dan Bali pun datang, Sabtu (6/8/2022).

Ketua DPC Petanesia Kabupaten Mojokerto, Gus Barra

Sebagai tuan rumah, Ketua DPC Petanesia Kabupaten Mojokerto, Muhammad Albarraa mengucapkan, terima kasih atas amanah dan kepercayaan dari pusat untuk menggelar Rekernas II di Pacet ini.

“Semoga, dengan hadirnya Rakernas II ini dapat memupuk kembali rasa nasionalisme generasi muda dan mempertebal kecintaan terhadap tanah air kita,” harap Gus Barra, sapaan Ketua DPC Petanesia Kabupaten Mojokerto yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabup) Mojokerto.

Gus Barra menjelaskan, saat ini paham-paham transnasional, termasuk paham ekstrim kanan dan kiri, sudah masuk ke Indonesia.

“Kurang lebih dua bulan lalu di Mojokerto ada menteri pendidikan khilafatul muslimin yang dimana ini termasuk organisasi terlarang. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban Petanesia untuk tanggung jawab besar menjaga keutuhan NKRI, sekaligus tanggung jawab menanam cinta kepada tanah air indonesia,” tuturnya.

Sekjen DPP Petanesia, Sagara

Sementara itu, Sekjen DPP Petanesia, Sagara menyampaikan, teman Rakernas II Petanesia kali ini adalah "Mengobarkan Semangat Kebhinekaan untuk Indonesia Maju".

"Tidak ada pamrih ketika dipertemukan dengan orang-orang yang mencintai Indonesia. Saat ini sudah ada paham-paham radikalisme masuk Indonesia. Bahkan Pemilu yang melahirkan antar warga saling mencaci. Tentu hal itu tidak boleh dibiarkan. Petanesia bukan organisasi utama tetapi harus dinikmati manfaatnya di negeri ini," ungkap Sagara.

Lebih lanjut, Sagara berharap Petanesia ini seperti pohon yang tumbuh di pinggiran kota, akar-akarnya kuat dan ada di mana-mana, semoga kehadiran Petanesia menambah perdamaian dan perdamaian bangsa ini.

"Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negara. Bahkan Bung Karno pernah mengatakan, “Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia", tegas Sagara dengan berapi-api.

Kemeriahan New Monata bersama Shodiq menghibur masyarakat

Dalam pembukaan Rakernas II Petanesia, juga digelar pelatikan lima DPC, yakni DPC Petanesia Kabupaten Mojokerto, Kota Probolinggo, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Sidoarjo.

Dengan memukul gong, Wakil Ketua Dewan Fatwa Kebangsaan DPP Petanesia, Prof DR KH Asep Saifudin Chalim membuka Rakernas II.

Dalam sambutannya, Kiai Asep menyebut rangkaian Rakernas juga dimeriahkan oleh hiburan di panggung besar terbuka untuk masyarakat umum. Dimulai dengan selawat bersama Shodiq Moneta, ceramah agama dari kiai Kirun, serta lantunan Sholawat dari Ning Ririn Handiyanti.

“Semoga kiprah kita di hari ini betul-betul bermanfaat mewujudkan Indonesia maju, adil dan makmur,” harap kiai yang juga Miliarder dan dermawan ini.

Tak hanya itu, Kanjeng Pangeran Haryo Widodo Notohadi Raharjo dari Keraton Solo yang menjadi tamu kehormatan dalam Rekernas ini mengapresiasi Ormas petanesia yang mencerminkan nusantara.

“Acara tadi sangat menyentuh hati, ini sungguh baik untuk NKRI, harapan saya, ini kita lakukan bersama-sama jangan memecah belah pancasila,” pungkasnya. (ADV)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pembukaan Rakernas II Petanesia di Mojokerto, Dihadiri Tokoh Nasional hingga Monata Bersholawat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT