Rabu, 30 November 2022
Advetorial

Pemkab Lumajang Sosialisasi Rokok Ilegal

profile
Achmad

15 November 2022 19:18

806 dilihat
Pemkab Lumajang Sosialisasi Rokok Ilegal
Wakil Bupati (Wabup) Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah), saat sosialisais rokok ilegal. (SJP)

LUMAJANG – Selain memberikan bantuan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, juga memberikan sosialisasi barang kena cukai, yang diberikan kepada sejumlah komunitas, kelompok masyarakat serta para pedagang rokok di wilayah Kabupaten Lumajang.

“Saat ini yang menjadi sasaran sosialisasi yaitu perserta sosialisasi yang berasal dari Desa Karangrejo, Kecamatan Yosowilangun, dan dilaksanakan di Balai Desa Karangrejo,” ungkap Wakil Bupati (Wabup) Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah), kepada awak media ini, Selasa (15/11/2022).

Dalam sosialisasi tersebut, Wakil Bupati Lumajang mengungkapkan, sosialisasi barang kena cukai sangat penting dilakukan lantaran banyak barang yang seharusnya dikenakan cukai, tapi beredar secara ilegal di masyarakat seperti halnya rokok. Bunda Indah, mengajak masyarakat untuk tidak membeli rokok ilegal atau rokok yang tidak ada cukainya.

"Dimana-mana banyak yang seharusnya kena cukai mereka ilegal, tidak ada pita cukainya, kayak rokok ini. Kalau tidak ada pita cukainya jangan dibeli," ungkapnya.

Selain itu, diungkapkan Bunda Indah, bahwa cukai memiliki manfaat untuk masyarakat. Anggaran yang diperoleh dari cukai akan kembali ke masyarakat melalui pemenuhan fasilitas kesehatan, fasilitas umum dan kegiatan sosialisasi.

"Kita dapat dana cukai, itu dikembalikan kepada masyarakat, seperti sosialisasi, beli alat-alat kesehatan, fasilitas kesehatan untuk dampak akibat rokok," terang dia.

Sementara itu, Kasat PolPP Kabupaten Lumajang, Matali Bilogo menjelaskan, sosialisasi Barang Kena Cukai bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak membeli dan mengedarkan barang-barang yang tidak memiliki cukai resmi, seperti halnya rokok ilegal.

Oleh karena itu, dirinya berharap dengan kegiatan sosialisasi tersebut masyarakat bisa berkontribusi aktif memberikan informasi terkait peredaran rokok ilegal di sekitar tempat tinggalnya.

"Sosialisasi ini diikuti okeh kelompok masyarakat, komunitas dan para pedagang atau penjual rokok, harapannya peredaran rokok ilegal bisa ditekan," jelasnya

Sebelumnya, kegiatan sosialisasi juga dilaksanakan di Pendopo Kantor Camat Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis 3 November 2022 lalu, dengan peserta dari warga Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung. 

Jika ada masyarakat yang menjual ataupun membeli rokok ilegal, maka para penjual dan pembeli rokok ilegal akan mendapatkan sanksi berupa hukum pidana dengan ancaman satu tahun penjara. (ADV)

Editor Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkab Lumajang Sosialisasi Rokok Ilegal

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT