Selasa, 24 Mei 2022
Advetorial

Pemkot Mojokerto Salurkan Ratusan Juta Bansos APBD untuk 486 Abang Becak

profile
Andy

20 April 2022 18:02

233 dilihat
Pemkot Mojokerto Salurkan Ratusan Juta Bansos APBD untuk 486 Abang Becak
Salah seorang abang becak saat proses verifikasi penyerahan bansos APBD Kota Mojokerto

KOTA MOJOKERTO - Dalam rangka mewujudkan kesetaraan masyarakat Kota Mojokerto, Pemkot Mojokerto menyalurkan ratusan juta rupiah untuk memberikan bantuan sosial (bansos) kepada abang becak, Rabu (20/4/2022) pagi.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menjelaskan penyaluran Bansos ini merupakan anggaran yang dialokasikan setiap tahun dalam rangka mewujudkan kesetaraan.

"Ini sudah menjadi anggaran yang sudah kita alokasikan setiap tahun dalam rangka mewujudkan kesetaraan bagi masyarakat termasuk penyandang disabilitas, dalam rangka membantu untuk produktifitas, ekonomi, kesejahteraan maka kita alokasikan anggaran bagi mereka," jelas Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) Kota Mojokerto Choirul Anwar menyampaikan, pihaknya menyalurkan bansos APBD Kota Mojokerto ini untuk 486 abang becak yang merupakan warga Kota Mojokerto.

"Masing-masing dari mereka mendapatkan Rp. 330.000. Harapanya tentu agar bantuan ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan bahan pangan bagi mereka, apalagi ini menjelang lebaran pasti kebutuhan semakin banyak," ungkap Anwar, sapaan akrab KadinsosP3A.

Menurut Anwar, penyaluran bansos APBD Kota Mojokerto tahun 2022 mulai disalurkan mulai dari kemarin, Selasa (19/4/2022) hingga 25 April 2022 mendatang di halaman Rumah Rakyat, Jalan Hayam Wuruk Nomor 50 Kota Mojokerto.

"Bansos APBD ini diberikan kepada 2.148 warga kurang mampu se Kota Mojokerto yang belum terakomodir dalam Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Untuk yang kemarin tanggal 19 untuk disabilitas, hari ini tanggal 20 untuk abang becak, tanggal 21 untuk anak yatim non panti, dan tanggal 22 sampai tanggal 25 April untuk lansia kurang mampu," jelas Anwar.

Lebih lanjut Anwar merinci 2.148 penerima Bansos APBD tersebut terdiri dari 283 penyandang disabilitas, 486 tukang becak, 356 anak yatim non panti, dan 1.023 lansia kurang mampu.

"Seluruh data tersebut adalah warga Kota Mojokerto yang kurang mampu dan belum terakomodir dalam PKH Kementerian Sosial," imbuhnya.

Dijelaskan Anwar, besaran Bansos APBD yang diberikan berbeda - beda sesuai pengelompokan, bagi penyandang disabilitas Bansos yang diberikan senilai Rp 300 ribu, tukang becak senilai Rp 330 ribu, anak yatim non panti senilai 1 juta rupiah, dan bagi lansia kurang mampu senilai Rp 500 ribu.

Disisi lain, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial (Resos) Arifiani Yahya menjelaskan, bagi lansia yang kurang mampu nanti langsung dari Pos yang akan datang "door to door" untuk membagikan langsung.

"Tiap lansia yang kurang mampu ini akan disampaikan langsung oleh kantor Pos ke rumah-rumah, nominalnya Rp. 500.000," tandasnya.

Diwawancarai terpisah, Abang Becak asal Kranggan Sumarsono (52) mengucapkan terima kasih atas perhatian Wali Kota Mojokerto kepada kalangan bawah sepertinya.

"Rencananya bansos ini akan saya gunakan untuk keperluan rumah tangga kami khususnya dalam menyambut hari lebaran yang sebentar lagi. Saya tidak bisa banyak berkata-kata, semoga Allah SWT membalas semua kebaikan dan perhatian Bu Wali," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkot Mojokerto Salurkan Ratusan Juta Bansos APBD untuk 486 Abang Becak

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT