Selasa, 24 Mei 2022
Advetorial

Berduyun-duyun, Ribuan Aparatur Pemerintah Desa Silaturahmi dengan Wabup Mojokerto Gus Barra

profile
Andy

29 April 2022 22:53

727 dilihat
Berduyun-duyun, Ribuan Aparatur Pemerintah Desa Silaturahmi dengan Wabup Mojokerto Gus Barra
Silaturahmi Kiai Asep, Gus Barra dengan aparatur pemerintah desa Kabupaten Mojokerto.

MOJOKERTO - Penghujung Ramadan 1443 Hijriah, ribuan aparatur pemerintahan desa di Kabupaten Mojokerto berduyun-duyun datang untuk bersilaturahmi dengan Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Albarraa, Jumat (29/4/2022) petang.

Nampak 1200 lebih perangkat desa mulai dari Kepala Desa, Sekdes, BPD hingga LPM antusias memenuhi undangan silaturahmi dengan Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Kiai Asep Saifuddin Chalim dan Wabup Mojokerto yang akrab disapa Gus Barra ini.

Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Mojokerto Jurianto Bambang Siswantoro menyampaikan beberapa usulan, diantaranya regulasi insentif untuk Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang sampai saat ini belum ada.

"Seperti yang di Depok, sebelumnya insentif hanya Rp 350.000 sekarang menjadi Rp 750.000. Kami juga berharap adanya peningkatan kesejahteraan Kepala Desa, BPD dan perangkat desa. Sesuai misi dan visi waktu kampanye, Anggaran Dana Desa (ADD) paling rendah bisa mencapai Rp 600 Juta," ungkap Jurianto Bambang Siswantoro yang juga menjabat sebagai Ketua PAPDESI Jawa Timur.

Tak hanya itu, lebih lanjut Jurianto juga berharap adanya siltap ke-13 bagi Kades, Perangkat serta intensif BPD ke-13 dan regulasi Tunjangan Hari Raya (THR).

"Siltap ke-13 dari sudut pandang kemanusiaan itu kami butuhkan. Mengingat, Kades dan Perangkat Desa adalah aparat pemerintah di tingkat paling bawah, juga manusia biasa yang membutuhkan Siltap ke-13 untuk mencukupi kebutuhan keluarga," jelas Jurianto saat diwawancarai oleh jurnalis suarajatimpost.com

Menurutnya, dalam masa Pandemi Covid-19 lalu semuanya terasa berat dan semua terdampak. Kades dan Perangkat Desa adalah garda terdepan dalam mengimplementasikan kebijakan Pemerintah (Pusat, Provinsi, Kabupaten), baik itu berupa penyaluran BLT, pencegahan Covid-19, dan lain sebagainya tidak adil rasanya jika kewajiban-kewajiban tersebut tidak di ekspose, tetapi hak normatifnya masih tidak jelas.

Menanggapi usulan tersebut, Wakil Bupati Mojokerto yang akrab disapa Gus Barra ini meyambut baik dan menerima usulan yang disampaikan Kades Duyung Jurianto.

Dalam sambutannya, Gus Barra menguraikan hadits tentang penting dan manfaatnya silaturahmi.

“Barang siapa ingin di luaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka harus menyambung silaturahmi. Oleh karena itu, kami terus menjalin silaturajmi dengan berbagai elemen masyarakat dengan berbuka puasa bersama. Mulai dari wartawan, LSM, relawan, aparat keaman, partai politik hingga perangkat desa seperti hari ini,” ujar Gus Barra

Lebih lanjut Gus Barra menyampakan, bila silaturahmi ke rumah panjenengan satu per satu tak mungkin selesai, hingga jabatan habis belum tentu selesai, tetapi lewat cara pertemuan bukber ini kami bisa silaturahmi. 

"Minal Aidin wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin,” ucapnya.

Dalam tausiahnya, Kiai Asep mengajak semua masyarakat untuk selalu berdoa kepada Allah SWT, agar hidupnya dapat bermanfaat dan giat beribadah khususnya saat bulan suci Ramadan sehingga mendapatkan keberkahan dan rejeki yang lancar.

Ia juga berdoa, supaya cita-cita luhur menjadikan Kabupaten Mojokerto yang maju, adil dan makmur dapat tercapai, serta keberhasilan pembagunan Kabupaten Mojokerto bisa menjadi miniatur indonesia.

“Bersedekah di Bulan Suci Ramadan pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT. Memberi sedekah pada orang yang sedang berpuasa itu, besar pahalanya sama dengan besarnya pahalanya orang yang sedang berpuasa. Marilah, kita selalu berdoa agar Kabupaten Mojokerto maju, adil dan makmur segera terwujud,” pungkas Kiai Asep.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Berduyun-duyun, Ribuan Aparatur Pemerintah Desa Silaturahmi dengan Wabup Mojokerto Gus Barra

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT