Selasa, 28 Juni 2022
Advetorial

Peringati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-729, Sejumlah Proyek Diresmikan Bupati dan Wabup

profile
Andy

23 Mei 2022 20:01

589 dilihat
Peringati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-729, Sejumlah Proyek Diresmikan Bupati dan Wabup
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmwati menandatangani peresmian tiga proyek.

MOJOKERTO - Tak hanya janji-janji manis, dalam waktu 1 tahun 3 bulan sejak dilantik pada tanggal 26 Februari 2021 lalu, sejumlah proyek infrastruktur terus digencarkan oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahwawati dan Wakil Bupati (Wabup) Mojokerto Muhammad Albarraa.

Terbukti dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-729 ini sejumlah proyek berhasil diresmikan oleh pasangan pemenang Pilkada Mojokerto yang disingkat IKBAR (Ikfina Fahmawati dan Gus Barra) ini.

Tiga proyek yang diresmikan oleh Ikfina Fahmawati dan Gus Barra, Senin (23/5/2022) pagi adalah pelebaran ruas jalan Gumeng-Kemasantani di Kecamatan Gondang dengan lebar 5,5 meter sepanjang 588 meter senilai Rp 2,8 miliar, pelebaran ruas jalan Temuireng-Gunungan di Kecamatan Dawarblandong dengan lebar 5,5 meter sepanjang 1.430 meter senilai Rp 4,1 miliar, serta pembangunan kantor Desa Kupang senilai Rp 400 juta.

Realisasi proyek pembangunan infrastruktur yang dijanjikan saat kampanye ini secara simbolis diresmikan Bupati Ikfina dan Wabup Gus Barra di Balai Desa Kupang, Kecamatan Jetis tadi pagi. Proyek tersebuk merupakan realisasi anggaran tahun 2021.

Ketika diwawancarai awak media, Bupati Ikfina menyampaikan, hari ini pihaknya meresmikan beberapa proyek infrastruktur tahun 2021 secara simbolis di Balai Desa Kupang ini. Peresmian ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-729.

"Realisasi pembangunan infrastruktur tahun lalu menyentuh berbagai bidang. Diantaranya, pembangunan dan rehabilitasi jalan serta jembatan, serta saluran drainase yang dikerjakan Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto mencapai Rp 181,45 miliar," ungkap Ikfina, Bupati Mojokerto yang juga seorang dokter.

Lebih lanjut dikatakannya, terkait penyediaan sarpras, perlengkapan jalan dan utilitas permukiman, serta pembangunan rehabilitasi rumah korban bencana yang dikerjakan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (DPRKP2) sebesar Rp 410 juta, bantuan keuangan (BK) Desa Rp 76 miliar, perbaikan infrastruktur pendidikan Rp 40 miliar, serta pembangunan infrastruktur keagamaan Rp 16 miliar.

"Pada momen 100 tahun kemerdekaan Indonesia, tepatnya tahun 2022 Indonesia harus melepaskan statusnya sebagai negara berkembang menjadi negara maju. Oleh karena itu, kami punya waktu untuk mengupayakan dengan keras. Kami akan maksimalkan pada tahun 2023-2024 ini pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mojokerto dapat selesai dengan baik," harapnya.

Pengguntingan pita sebagai tanda peresmian tiga proyek di Kabupaten Mojokerto

Menurtnya, untuk tahun ini pembangunan infrastruktur yang dikerjakan Dinas PUPR K senilai Rp 178 miliar. Ia menargetkan peningkatan 12 persen atau 125 Km dari total 1.041 Km jalan kabupaten di wilayahnya.

"Tahun ini pula, Pemkab Mojokerto juga melakukan pembangunan infrastruktur digital untuk menunjang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE)," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Kupang Andridi menyampaikan, pihaknya mendapatkan Bantuan Keuangan (BK) Desa sebanyak Rp 650 Juta. Untuk yang Rp 400 Juta diperuntukkan untuk pembangunan Balai Desa Kupang, sedangkan yang 250 Juta hasil dari Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) diperuntukkan untuk pembangunan jalan lingkungan di Pasinan Kulon Kupang.

"Terkait luas balai desa yang dibangun adalah 121,5 meter persegi dengan ukuran  4,5 x 27 meter persegi. Bangunan tersebut terdiri dari BPD, Pos Desa, PKK, Perpustakaan dan Aula, yang dikerjakan dalam 3 bulan. Alhamdulilah, kami bisa mendapatkan BK Desa," jelasnya.

Desa Kupang sendiri mempunyali luas sekita 300 Hektar dengan 6 dusun dan jumlah warganya mencapi 5.300 jiwa.

Nampak hadir mendampingi Bupati Mojokerto, Wabup Mojokerto Muhammad Al Barra, Kepala Disnaker Bambang Purwanto, Kepala Bappeda Bambang Eko Wahyudi dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Hariyono.

Tak hanya itu, hadir pula, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Didik Chusnul Yakin, Kadis Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perhubungan (DPRKP2) Rahmat Suharyono, Kadis PUPR Rinaldi Rizal Sabirin, Kades Kupang Andridi, serta Camat Jetis, Dawarblandong, dan Gondang.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Peringati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-729, Sejumlah Proyek Diresmikan Bupati dan Wabup

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT