Jumat, 20 Mei 2022
Advetorial

Proses Pengumuman Hasil Verifikasi PAW Desa Kraton, Diwarnai Aksi Protes Bacalon

profile
Rochul

11 Mei 2022 15:30

608 dilihat
Proses Pengumuman Hasil Verifikasi PAW Desa Kraton, Diwarnai Aksi Protes Bacalon
Proses Pengumuman Verifikasi Bacalon Pergantian Antar Waktu (PAW) Kepala Desa Kraton.

JEMBER, -  Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Kraton, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2022.

Tahapan proses sudah dilakukan Rabu,(11/5/2022) para Bakal Calon (Bacalon) sebanyak 4 orang tersebut dikumpulkan karena pengumuman hasil Verifikasi data semua sudah selesai, hanya tinggal pelaksanaan tes tulis yang segera dilakukan sebelum proses kontestasi politik digelar.

Akan tetapi, dari proses pengumuman tersebut beberapa calon melakukan protes terkait salah satu calon yang disinyalir dan terindikasi ada kejangalan perihal Ijazah yang diduga ada yang tidak sesuai.

Maka dari itu, salah satu calon dari 4 orang tersebut, salah satunya bernama Sukamto melakukan interupsi kepada ketua Pilkades PAW tersebut dan menanyakan perihal informasi yang ia dapat dari ketua BPBD.


"Kami dan dapat rekaman bacalon dan ketua BPD yang membentuk panitia, dan disitu terkait ijazah salah satu calon diterbitkan dan di tanda tanggani oleh Dimjati, jadi disini kami hanya ingin klarifikasi dan mencari kebenaran," kata Sukamto.

Selain itu, Sukamto juga menyoal perihal permasalahan lain karena sudah keluar dari perbup sebagai mana yaitu salah satunya.


" Persyaratan, kaitan dengan persyaratan di perbup sudah jelas fotokopi izasah kenapa surat keterangan bisa diterima oleh panitia dan, kedua akte kelahiran, dan surat keterangan tanda lahir yang seharusnya hal tersebut di tanda tangani oleh dispenduk, jikalau nanti memang sudah sesuai dan panitia juga dapat petunjuk dari pihak terkait, ngeh monggo" imbuhnya.

Sementara perihal permasalahan hal ini, pihak ketua panitia PAW desa kraton Nur Hasyim.

"Kami akan kroscek terkait ijazah yang tahun 1996 milik salah satu calon bernama agus yang di tanda tanggani oleh pak Dimjati, nanti kami akan langsung datang ke dinas, jika hal itu sudah jelas semua dan tidak ada Masalah dengan bukti bukti Valid kita tetap laksanakan Pilkades PAW ini," kata ketua panitia.

Selain itu, Nur Hasyim juga akan panggil beberapa alumni yang kebetulan satu kelas sama yang bersangkutan.

"Kami rencana selain ke dinas, kami juga akan panggil alumni yang bersangkutan agar permasalahan ini tidak berlarut larut dan Pilkades segera terlaksana dengan baik pada tanggal 8 Juni 2022 mendatang," terang Nur Hasyim.

Terpisah, Arief Sugihartani selaku tim pemenangan Pilkades PAW bernama Agus mengaku tidak terima, dan akan menempuh jalur hukum jika isu isu terkait izajah ini tidak bisa dibuktikan.

"Jadi yang saya pahami kan ada dua tadi yang pertama adalah meragukan soal ijazah smp yang kedua adalah soal tanda kenal lahir, disini sudah jelas peraturan bupati ada salah satu klausul yang menyebutkan salah satu persyaratan nya adalah tanda kenal lahir, jadi jika tanda kenal lahir sebagai persyaratan ini disoal ya harus tanya kepada pembuat perbup, bukan ke panitia," Beber Arief.

Tidak hanya disitu saja, Ketua tim pemenangan calon juga menyayangkan akan kejadian ini, karena dengan isu isu diduga izajah palsu ini sangat bisa menurunkan elekbilitas calon yang ia dukung, kami juga akan lapor balik nantinya jika hal itu tidak bisa dibuktikan.

"Saya pikir ini demokrasi yang sangat menarik, jadi saran saya jika ada hal kayak gini sertakan bukti jelas, jika calon saya ini ada indikasi pemalsuan izajah langsung lapor polisi, ini sama halnya membuat calon kami buruk dimata masyarakat.hari ini kami menunggu petunjuk ketua panita Pilkades, apa yang harus kami perbuat, dan jika untuk mengumpulkan alumni kami sangat siap, karena para alumni calon kami juga orang sini juga," geram Arief.

Perlu diketahui, jika calon kepala desa pergantian antar waktu,(PAW) desa kraton ada 4 orang yaitu, Zaenal, Sukamto, Agus dan juga Katirin, dan untuk calon pemilih sendiri ada  132 orang termasuk RT/RW dan unsur masyarakat. (Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Proses Pengumuman Hasil Verifikasi PAW Desa Kraton, Diwarnai Aksi Protes Bacalon

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT