Jumat, 20 Mei 2022
Advetorial

Putar Roda Ekonomi UMKM, Pemkab Jember Gelar Konser Megah

profile
Rochul

08 Mei 2022 11:18

588 dilihat
Putar Roda Ekonomi UMKM, Pemkab Jember Gelar Konser Megah
Pertunjukan Tulus dan Konser Pamungkas dukung geliat UMKM di Kabupaten Jember. (Rochul/SJP)

JEMBER - Pemkab Jember menggelar even musik Jember Festival (J-Fest) 2022, Sabtu (8/5/2022) malam.

Gelaran festival ini untuk memutar dan membangkitkan roda perekonomian ratusan pelaku UMKM di Jember.

Pada gelaran ini Pemkab Jember mempromosikan dan menawarkan produk-produk UMKM yang diikuti kurang lebih 130 pelaku usaha.

Tawaran ratusan produk UMKM ini dikolaborasikan dengan even musik yang mendatangkan dua artis nasional Pamungkas and Family dan Tulus.

"Ini even pertama di Jawa Timur untuk utamanya mengangkat perekonomian daerah lewat UMKM. Kita suguhkan kolaborasi hiburan sebagai daya tarik agar UMKM ini dapat terperhatikan, terimbas, dan punya daya jual," kata Promotor Mahameru Teamwork, Lukman Wijaya saat dikonfirmasi disela even.

Tidak tanggung-tanggung, artis nasional, Pamungkas dan Tulus dihadirkan.

Selain itu, lanjut Lukman, dengan menggunakan sistem penjualan tiket, produk-produk UMKM dapat terbeli.

"Dengan ikut even ini, akan dapat cashback Rp25 ribu dari setiap pembelian tiket (konser J-Fest). Dengan demikian UMKM bisa mendapatkan penghasilan (tambahan) dari partisipasinya di even ini," ujarnya.

Yang tak kalah menarik, 5 persen dari penjualan tiket nantinya dijadikan CSR untuk membuat rombong bagi UMKM-UMKM kecil.

Tujuannya agar UMKM punya wadah atau tempat untuk menjual produknya.

Sekaligus ini upaya membantu UMKM sebagai pembinaan, terutama UMKM yang masih kecil agar bisa bersaing dan berkembang," sambungnya.

Sebagai progres jangka panjang berikutnya dari even J-Fest tersebut, lanjut Lukman, pihaknya sebagai promotor musik bersama Bupati Jember akan mengembangkan potensi dari para pelaku UMKM itu.

"Jadi tidak hanya selesai ikut even begitu saja, tapi nantinya ada pengembangan," ujar Lukman.

Para UMKM ini akan ditempatkan atau tersebar di setiap kecamatan, seperti menempati RTH atau tempat-tempat menarik lainnya. Juga di even-even J-Fest berikutnya.

"Alhamdulillah penonton sangat antusias, sejumlah 4.000 tiket lebih terjual. Ini juga bisa mengangkat potensi UMKM ini," imbuhnya.

Salah satu pelaku UMKM Budi Wijaya mengaku even konser musik ini membantu dirinya sebagai ajang promosi produk.

"Sekaligus juga memasarkan produk yang kami miliki. Contohnya kopi yang kami promosikan ini. Jember yang memasang label sebagai pusat kopi se Indonesia, maka produk UMKM saya adalah kopi dari Gayo, juga kopi-kopi khas daerah lain," ungkapnya.

"Jadi kita produksi macam-macam kopi itu dan hanya ada di Jember," sambungnya.

Terpisah menanggapi gawe even J-Fest 2022, Bupati Jember Hendy Siswanto mengaku siap mendukung pengembangan potensi UMKM, melalui kolaborasi lewat even konser musik 

"Event J-Fest yang pertama ini merupakan spirit (semangat) bagi Jember. Dari tinjauan saya di lokasi acara, ratusan UMKM kita yang asli Jember sudah masksimal dan layak juga siap dikembangkan lebih baik mendatang," kata Bupati Hendy.

Bupati Hendy menegaskan, untuk pengembangan UMKM, pihaknya akan melakukan pengembangan secara berkelanjutan.

"Tidak hanya di even ini saja, tapi akan kami carikan tempat dan menatanya di RTH (sebagai tempat berjualan kuliner)," janjinya.

Dengan penataan itu Hendy berharap UMKM ini lebih tertib, rapi, dan elegan. Pemkab Jember pun akan kawal itu, tidak hanya berjualan tapi juga mengembangkan.

"Tulus dan Pamungkas sebagai daya tarik sekaligus menggandeng UMKM sehingga bisa saling simbiosis mutualisme begitu," terangnya.(**)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Putar Roda Ekonomi UMKM, Pemkab Jember Gelar Konser Megah

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT