Senin, 27 Juni 2022
Advetorial

Selamat Hari Lahir Pancasila, Gus Ton:  Yang Terpenting dari Pancasila, Pengamalannya dalam Kehidupan Sehari - hari

profile
Andy

01 Juni 2022 19:56

535 dilihat
Selamat Hari Lahir Pancasila, Gus Ton:  Yang Terpenting dari Pancasila, Pengamalannya dalam Kehidupan Sehari - hari
Budayawan dan Kiai Jawa Timur, KH Mas Sulthon mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila

MADIUN - Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni, menurut KH Mas Sulthon, salah satu tokoh masyarakat Jawa Timur, yang paling penting dari Pancasila adalah komitmen bersama untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari - hari. 

"Rumusan Pancasila yang digunakan hingga saat ini, terdapat dalam UUD 1945 yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945. Rumusan Pancasila dalam UUD 1945 itu tercantum dalam naskah Pembukaan UUD 1945 alinea ke empat," ungkap Gus Ton, sapaan akrab Kiai Jawa Timur itu.

Lebih lanjut Gus Thon megatakan, komitmen ini diantaranya, sepakat tidak lagi mengganti Pancasila dengan ideologi yang lain. Kemudian, Pancasila yang terdiri atas lima sila itu tetap menjadi lima sila serta tidak akan ditambah atau dikurangi. Pancasila yang sudah ada  harus tetap lima (panca) sila.

"Jadi yang penting adalah komitmen untuk tidak mengganti Pancasila dengan ideologi lain, dan tidak mengubah lima sila menjadi tujuh sila atau sembilan sila ataupun yang lain, akan tetapi tetap lima sila," tegas Gus Thon, Rabu (1/6/2022) 

Tokoh masyarakat yang terkenal sebagai budayawan dan Kiai Jawa Timur itu menilai, kegiatan seperti mengadakan santunan untuk anak-anak yatim misalnya, menjadi salah satu bentuk pelaksanaan dan pengamalan dari nilai-nilai Pancasila.

Menurut Gus Ton, masih ada yang lebih penting lagi. Yang terpenting mengenai Pancasila adalah pelaksanaan untuk mengutamakan kepentingan rakyat, mengutamakan upaya untuk kehidupan rakyat yang sejahtera dan bukan dengan teori-teori akan tetapi dengan pelaksanaan yang riil.

"Namun yang lebih penting dari semua itu adalah pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Maka jika tidak ada dalam kehidupan sehari-hari, maka bisa saja jika kemudian ada yang menyebut bahwa Pancasila menjadi tidak ada," jelas Gus Ton yang sedang membangun Pondok Pesantren di Madiun. 

Pesan terakhir Kiai dan Budayawan Jawa Timur ke seluruh elemen masyarakat adalah untuk selalu menjaga Pancasila, menjaga NKRI dan menghindari perpecahan maupun permusuhan. 

"Mari bersama - sama kita ciptakan kehidupan yang aman, yang damai, yang sejahtera dengan penuh amanah. Hidup hanya sekali, mari bersama-sama selalu berbuat kebaikan di manapun kita berada," tandasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Selamat Hari Lahir Pancasila, Gus Ton:  Yang Terpenting dari Pancasila, Pengamalannya dalam Kehidupan Sehari - hari

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT