Kamis, 06 Oktober 2022
Advetorial

Tak Hanya KUPA dan PPAS, DPRD Kota Mojokerto Juga Ajukan Dua Raperda Inisiatif

profile
Andy

25 Agustus 2022 09:26

603 dilihat
Tak Hanya KUPA dan PPAS, DPRD Kota Mojokerto Juga Ajukan Dua Raperda Inisiatif
Penandatanganan persetujuan dua raperda inisiatif antara DPRD dan Wali Kota Mojokerto

KOTA MOJOKERTO - Tak hanya bahas KUPA dan PPAS, DPRD Kota Mojokerto juga mengajukan dua raperda inisiatif pada rapat paripurna, Rabu (23/4/2022).

Juru bicara (Jubir) pimpinan gabungan komisi DPRD Kota Mojokerto, Budiarto menyampaikan dua raperda inisiatif. Yakni, raperda tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dan raperda tentang penyelenggaraan penaggulangan bencana.

"Yang menjadi dasar dirumuskannya rancangan peraturan daerah tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik meliputi pertama, pertimbangan filosofis, bahwa penyusunan raperda spbe ini merupakan bentuk tanggungjawab pemerintah daerah dalam rangka pemenuhan hak masyarakat atas kemudahan informasi dan pemanfaatan teknologi, sebagaimana diamanatkan oleh pancasila dan ketentuan pasal 28c ayat (1) dan pasal 28f undang-undang negara republik indonesia tahun 1945." jelas Budiarto dalam rapat paripurna di di ruang rapat kantor DPRD Kota Mojokerto.

Lebih lanjut, Budiarto mengatakan, kedua, pertimbangan sosiologis, bahwa kota mojokerto di dalam kerangka rpjmd tahun 2018-2023 memiliki komitmen yang tertuang dalam visi, “terwujudnya kota mojokerto yang berdaya saing”, bermakna: kota mojokerto mampu memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif dibandingkan dengan daerah lain dalam segala aspek pembangunan.

"Ketiga, pertimbangan yuridis, bahwa berdasarkan ketentuan pasal 349 undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah sebagaimana telah di ubah beberapa kali terakhir dengan undang-undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah maka di amanatkan untuk dilakukan penyederhaan jenis dan prosedur pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. dengan demikian pemerintah kota mojokerto berwenang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang sistem pememerintahan berbasis elektronik (spbe)," jelasnya.

Sedangkan untuk raperda tentang penyelenggaraan penaggulangan bencana, ia mengungkapkan, diinisiasinya raperda ini dilandasi atas pertimbangan yang meliputi pertama, pertimbangan filosofis bahwa secara geografis, klimatologis, dan hidrologis, kota mojokerto merupakan daerah rawan bencana, baik yang disebabkan alam, non alam, maupun perbuatan manusia yang berpotensi menimbulkan korban jiwa, kerugian harta benda, kerusakan lingkungan, dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan daerah.

"Kedua, pertimbangan sosiologis bahwa penanggulangan bencana di kota mojokerto perlu dilaksanakan secara terencana, terpadu, menyeluruh, dan terkoordinasi yang melibatkan semua potensi yang ada di daerah," tuturnya.

Masih katanya, ketiga, pertimbangan yuridis bahwa pemerintah kota mojokerto memiliki kewenangan terhadap penyelenggaraan penanggulangan bencana di kota mojokerto berdasarkan lampiran undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah huruf e pembagian urusan pemerintahan bidang ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat sub urusan bencana.

Oleh karena itu, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif yang diajukan oleh DPRD Kota Mojokerto tentang SPBE dan Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, dalam forum tersebut juga telah disetujui oleh kedua pihak. Sebelumnya Raperda tersebut telah mengalami penyesuaian naskah hasil fasilitasi dengan Tim Biro Hukum Provinsi Jawa Timur.

"Setelah ini akan kami mohonkan nomor registrasi Perda kepada Gubernur Jawa Timur agar dapat segera ditetapkan dan diundangkan, serta dilaksanakan," pungkas Wali Kota. (ADV)

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tak Hanya KUPA dan PPAS, DPRD Kota Mojokerto Juga Ajukan Dua Raperda Inisiatif

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT