Senin, 27 Juni 2022
Advetorial

Tidak Hanya Diikuti Pembalap Muda, Kakek 60 Tahun Juga Ikut Ajang Superoadbike Porprov 

profile
Rochul

17 Juni 2022 15:12

708 dilihat
Tidak Hanya Diikuti Pembalap Muda, Kakek 60 Tahun Juga Ikut Ajang Superoadbike Porprov 
Sudarsono salah Satu Peserta Tertua Road To Superoadbike Porprov VII 2022. (SJP)

JEMBER – Sudarsono atau biasa dipanggil Jon Arab asal Dusun Krajan B, Desa Wonorejo, Kecamatan Kencong, Jember umur 60 tahun ikut ajang Porprov Superbike yang akan digelar besok Sabtu, 18 Juni 2022.

Peserta superoadbike tertua di ajang Porprov Jatim tersebut, juga mempunyai julukan besi tua, dan sudah melanglang buana di dunia balap mulai tahun 1976 pada umur 12 tahun.

Profesi yang ia geluti mulai dari balap BMX hingga MTB, juga motocross serta Roadbike hingga saat ini membuat kakek yang juga berprofesi sebagai Jurnalis disalah satu Media televisi tersebut membuat dirinya tetap bugar dan sehat.

Beberapa trik dan juga hal yang dihindari untuk para pembalap agar tetap bugar, juga diungkapkan Sudarsono saat ditemui dirumahnya pada Jum'at,(17/6/2022).

"Saya tidak merokok, minum es, apalagi makanan pedas," kata dia disela persiapan Porprov.

Jarak tempuh yang akan dilampaui Sudarsono adalah 68 kilo meter, dimulai dari Alun Alun-alun kabupaten Jember hingga alun Alun-alun kabupaten Lumajang.

"Jika mau menjaga kondisi tubuh agar fit untuk pembalap yang harus dihindari yaitu minum es, merokok dan makanan yang pedas," kata Sudarsono.


Bercerita lebih dalam tentang profesi balap yang ia geluti, dan suka duka yang dirinya alami selama ini hingga mendapat hadiah juara mulai dari Jam Dinding hingga radio lalu Trofi dan uang tunai tidak membuat si besi tua asal kecamatan kencong tersebut patah arang.


Ajang balap event yang dirinya ikuti mulai pulau Jawa hingga pulau Bali dan kota besar besar lain nya tersebut membuat sosok kakek bercucu 2 tersebut lebih semangat bersaing dengan para kawula muda yang berfrofesi sama.

"Saya dulu menang balap hadiahnya radio sama Jam Dinding mas, sekarang ada trofi dan juga uang tunai, Alhamdulillah saya nikmati semua, selain agar badan sehat juga banyak teman agar saya tidak pikun diusia senja ini," ungkap Sudarsono sambil tertawa lepas.


Lebih jauh ia juga menceritakan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima ia setiap seminggu harus berlatih 3 kali menempuh jarak antara 80 kilo meter dimulai dari kecamatan kencong hingga Kabupaten Probolinggo.

" Saya seminggu latihan tiga kali dan jarak yang saya tempuh 80 kilo meter dan itu saya lakukan rutin hingga saat ini," terangnya.

Ditanya lebih lanjut ajang superbike Porprov yang akan digelar Sabtu besok yang lawan nya ratusan dan berumur masih muda dan prima dirinya sesekali tertawa lebar serta berucap.

"Besok sampean lihat mas, besi tua mampu saingi mereka, dan itu saya buktikan," sambil tersenyum lebar. 

Perlu diketahui, bahwa ajang Superoadbike yang digelar dan perebutkan Trophy Gubernur dan Kapolda Jatim tersebut diikuti oleh ratusan pembalap dan juga dengan biaya pendaftaran hampir 300 ribu rupiah bagi setiap peserta.(Lum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tidak Hanya Diikuti Pembalap Muda, Kakek 60 Tahun Juga Ikut Ajang Superoadbike Porprov 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT