Senin, 28 November 2022
Advetorial

Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Pemdes Mundurejo Gelar 100 Lapak Bazzar Produk Asli Masyarakat 

profile
Rochul

29 Oktober 2022 16:31

919 dilihat
Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Pemdes Mundurejo Gelar 100 Lapak Bazzar Produk Asli Masyarakat 
Produk UMKM Yang Ditampilkan Di Desa Mundurejo Kecamatan Umbulsari. (SJP)

JEMBER – Sekitar seratus lapak dibuka oleh pemerintah Desa Mundurejo, Kecamatan Umbulsari, Jember Pada Sabtu,(29/10/2022).

Kegiatan yang digelar dalam rangka hari jadi Desa ke-19 tersebut, selain mengelar Bazzar pasar murah di area jalan balai desa.hal ini dilakukan untuk menonjolkan hasil produk masyarakat sekitar yang selama ini jarang diketahui Masyarakat luas terutama di desa mundurejo.

Produk yang ditampilkan mulai dari makanan olahan, hingga produk hand Made seperti baju dan tas serta beberapa produk unggulan juga di pasarkan dalam kegiatan bertajuk mundurejo bersatu.

Dalam kegiatan tersebut ada beberapa produk unggulan yang ditampilkan berupa Kripik Pare dan juga Kripik Jambu Citra Mundu asli produk desa yang mulai dikembangkan dan menjadi maskot desa.

"Desa mumbulrejo melaksanakan memperingati hari jadi ke-19 dengan agenda acara acara lanjutan kemarin sudah melaksanakan karnaval seni budaya, kemudian lanjutan hari ini melaksanakan jalan santai dan plus nanti malam hiburan wayang kulit, selain itu kami juga tampilkan produk UMKM asli masyarakat desa mundurejo," kata kepala Desa Mundurejo Edi Santoso.

Tidak hanya Kegiatan itu saja, Edi Santoso juga menjelaskan beberapa produk andalan yang sekarang sudah berjalan dan juga dalam tahap pengembangan.

"Kami banyak produk asli dari masyarakat kami, dan kami kembangkan dan sudah pasarkan, seperti suwar suwir, kripik talas, dan kripik buah jambu kristal dan pare, dan ada lagi satu produk unggulan namanya jambu citra mundu yang saat ini proses dibuat kripik dan Alhamdulillah sudah berjalan dengan baik," ungkap kepala desa menjelaskan.

Ditanya lebih lanjut, program apa yang akan dibuat untuk peningkatan ekonomi kerakyatan, pihaknya menjelaskan.

"Kami mengajak masyarakat agar menanam pohon jambu citra mundu tanpa musim, karena ini adalah suatu peningkatan ekonomi dan sudah terbukti, dari baik buahnya dan juga harga juga standard bagus," ungkapnya.

Sementara ditempat yang sama, salah satu peserta UMKM bernama Joko Purwito menyampaikan.

"Alhamdulillah pengujung banyak mas, ini ada ,100 stand masih kurang, karena masyarakat banyak yang datang dan ikut berdagang dalam acara ini," kata joko Purwito.

Lebih lanjut Joko ditanya apa produk yang ia jual, ia menjelaskan.

"Saya jual kripik talas, juga jambu kristal dan pare, dan untuk harga kita kemas dengan brand desa mundurejo, dan kami patok harga antara 5-10 ribu antara 50-100 gram, nantinya kami juga akan kembangkan kripik jambu citra mundu, dan ini kita mulai pasarkan dan Alhamdulillah dari kabupaten lain juga pesan online mas," ungkapnya.(Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Pemdes Mundurejo Gelar 100 Lapak Bazzar Produk Asli Masyarakat 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT