Rabu, 07 Desember 2022
Advetorial

Trisno Mengajak Semua Pemdes Kolaborasi Dengan Legislatif Lumajang Dalam Pembangunan Desa

profile
Achmad

05 September 2022 08:31

640 dilihat
Trisno Mengajak Semua Pemdes Kolaborasi Dengan Legislatif Lumajang Dalam Pembangunan Desa
Trisno saat ikuti acara jalan sehat Jatirejo. (SJP)

LUMAJANG - Salah seorang legislator Kabupaten Lumajang, Trisno, mengajak kepada semua Kepala Desa (Kades) untuk berkolaborasi dalam rangka membangun desanya.

Hal ini disampaikannya saat disela-sela pembagian hadiah doorprice acara jalan sehat Desa Jatirejo, Sabtu siang 3 September 2022 selumbari, di Lapangan Desa Jatirejo, Kecamatan Kunir.

"Pemerintahan desa itu adalah bentuk pemerintahan yang terkecil dari suatu sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah, pemerintahan yang berhubungan dengan masyarakat desa, maka dari itu hubungan yang sangat menentukan dari berjalannya pemerintahan ditentukan oleh kinerja pemerintah desa yaitu berserta perangkatnya," paparnya waktu itu.

Kades itu, menurut politisi PPP ini, adalah salah satu unit pemerintahan tertinggi di desa yang memiliki tanggung jawab untuk kesejahteraan warga desa yang diaturnya, sehingga efektifitas kepala desa dirasakan penting untuk menentukan maju tidaknya desa tersebut. 

"Dalam pembangunan di Indonesia secara garis besar diberikan kepada Pemdes, yang diawasi oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), karena sebagai salah satu upaya penyelenggaraan Pemdes yang merupakan wahana suatu pelaksanaan demokrasi di desa demi terwujudnya Pemdes yang baik," ungkapnya lagi.

Keberadaan BPD di desa, kata Ketua Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) Kabupaten Lumajang ini,  adalah sebagai parlemen yang berada di desa dan berfungsi untuk mengakomodasi, memformulasi serta mensosialisasikan kepada masyarakat tentang kebijakan desa serta berorientasi terhadap pemenuhan kepentingan publik.

"Dalam Undang-undang Nomor 6 tahun 2014, Kades merupakan Kepala Pemdes yang memimpin penyelenggaraan Pemdes," tambahnya.

Kades itu, dikatakan wakil rakyat asal Kecamatan Yosowilangun ini, mempunyai peran penting dalam kedudukannya sebagai kepanjangan tangan Negara yang dekat dengan masyarakat dan sebagai pemimpin masyarakat. Sedangkan BPD, merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yakni yang melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes), untuk memusyawarahkan dan menyepakati hal yang bersifat strategis dalam penyelenggaraan Pemerintahan dan menyiapkan kebijakan Pemdes bersama Kades. Pemdes merupakan Lembaga Eksekutif desa dan BPD sebagai Lembaga Legeslatif desa. 

"Tugas utama yang harus diemban Pemdes adalah bagaimana menciptakan kehidupan demokratik, memberikan pelayanan sosial yang baik sehingga membawa masyarakatnya pada kehidupan yang sejahtera, rasa tenteram, dan berkeadilan," tutupnya lagi. (ADV)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Trisno Mengajak Semua Pemdes Kolaborasi Dengan Legislatif Lumajang Dalam Pembangunan Desa

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT