Senin, 28 November 2022
Advetorial

Vaksinasi Empat Siap Didistribusikan, 4000 Dosis Untuk Nakes Dulu

profile
Rochul

11 Agustus 2022 19:26

536 dilihat
Vaksinasi Empat Siap Didistribusikan, 4000 Dosis Untuk Nakes Dulu
Vaksinasi Booster di kabupaten Jember. (SJP)

JEMBER - Kurang lebih 4000 dosis vaksin booster kedua (vaksin keempat) moderna. Siap didistribusikan untuk tenaga kesehatan (nakes) di Jember untuk saat ini.

Nakes diprioritaskan mendapat vaksin keempat ini, karena dinilai memiliki resiko tinggi terkait penularan virus Covid-19.

“Pendistribusian vaksin keempat ini sudah dimulai awal Agustus 2022 ini. Sesuai dengan ketentuan yang kita terima, prioritas awal untuk nakes. Untuk masyarakat umum belum,” kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember Lilik Layliah, Kamis (11/8/2022).

Namun demikian, lanjut Lilik, dari proses distribusi vaksin itu. Sudah ada sebagian nakes yang mendapat vaksinasi.

“Sejauh ini, sebanyak 17,5 persen atau setara dengan 1.238 Nakes sudah divaksin moderna,” ujarnya. 

Ditanya soal efek samping dari pemberian vaksinasi moderna ini, kata Lilik, hampir mirip dengan pemberian vaksin sebelumnya.

“Nantinya akan mengalami kondisi suhu badan tubuh tinggi atau demam. Sehingga vaksinasi akan dilakukan secara bertahap dan bergantian, karena mengingat jumlah tenaga kesehatan yang ada di Jember masih terbatas,” katanya.


Terkait pelaksanaan vaksinasi dilakukan bertahap, kata Lilik, juga mempertimbangkan kesibukan Dinkes dengan adanya giat Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). 

Lilik juga menambahkan, untuk pemberian vaksinasi keempat ini, juga memiliki jangka waktu berbeda dengan vaksinasi sebelumnya.

“Untuk mendapatkan vaksin dosis empat, jangka waktunya enam bulan. Jika masih belum mencapai waktu tersebut, maka Nakes tidak diperbolehan untuk melakukan vaksinasi. Kita identifikasi dulu, kalau memang belum enam bulan ya tidak kita lakukan,” ulasnya.

Lebih lanjut Lilik juga menyampaikan, dengan adanya kebijakan pemberian vaksinasi keempat ini. Lilik juga mengingatkan masyarakat melengkapi dosis pemberian vaksin.

“Diharapkan segera mendaftarkan ke tempat penyedia fasilitas kesehatan (Faskes) di Kabupaten Jember. Kami juga masih tetap melayani masyarakat umum yang belum melakukan vaksinasi. Tentunya di semua unit kesehatan yang melayani penyediaan vaksinasi. Mulai dari dosis satu sampai dosis tiga,” terangnya. (Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Vaksinasi Empat Siap Didistribusikan, 4000 Dosis Untuk Nakes Dulu

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT