Minggu, 02 Oktober 2022
Ekonomi

Angkut Ratusan Ekor Sapi dari NTT Tujuan Jakarta, Kapal Motor Bongkar Muatan di Pelabuhan Jangkar Situbondo

profile
Sarwo

20 Juni 2022 23:57

787 dilihat
Angkut Ratusan Ekor Sapi dari NTT Tujuan Jakarta, Kapal Motor Bongkar Muatan di Pelabuhan Jangkar Situbondo
Beberapa ekor sapi saat dinaikan truk dari dalam KM Dipasena Dua di pelabuhan Jangkar (Sarwo/SJP)

SITUBONDO - Kapal Motor (KM) Dipasena Dua bersandar dan bongkar muatan ratusan ternak sapi asal Flores, NTT di Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Ratusan ekor sapi dari pelabuhan Nagekeo, Flores, NTT yang diangkut KM Dipasena Dua tujuan Jakarta tersebut bersandar dan bongkar muatan di pelabuhan Jangkar, Situbondo, pada Minggu 19 Juni 2022 malam, karena andang tempat pakan ternak yang terbuat dari bambu diatas kapal tersebut roboh dan rusak.

"Karena andang pakan ternak yang ditaruh diatas sapi diatas kapal tersebut ambruk menimpa sapi yang berada dibawahnya serta pakan sapi tidak mencukupi karena terinjak injak oleh ternak sapi yang ada didalam kapal tersebut,"tutur Kapolsek Jangkar Iptu Budhiarto, Senin (19/6/2022).

Dari KM (Kapal Motor) tersebut, lanjut Iptu Budhi, karena takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, ratusan ternak sapi tersebut diturunkan di pelabuhan Jangkar, Situbondo dan langsung diangkut puluhan truk melalui darat ke Jakarta.

"Ada sekitar 471 ekor ternak sapi diangkut dengan menggunakan 21 truk dari pelabuhan Jangkar, Situbondo melalui darat menuju jakarta,"ujarnya.

Namun sebelum turun dari kapal, ratusan ternak sapi tersebut dilakukan pemeriksaan dokumen dan kesehatannya untuk meminimalisir penyebaran wabah PMK.

"Kami yang tergabung dalam satgas covid 19 terpadu Kecamatan Jangkar diantaranya, anggota Polsek, Koramil, TNI AL Pos Kamla Jangkar bersama petugas Karantina Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo serta Syahbandar Pelabuhan Jangkar, dalam pemeriksaan tidak menemukan hewan ternak tersebut sakit. Selain itu, petugas juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan terhadap ternak sapi tersebut ,"katanya.

Berdasarkan pemeriksaan dari Dokter Hewan, dari 471 ekor ternak sapi sebelum dikirim keluar kota, telah dilakukan masa karantina selama 14 hari di IKH Maropokot dan ternak yang berasal dari daerah bebas Penyakit Mulut dan kuku (PMK).

"Pihak Karantina Kesehatan Hewan Situbondo beserta Dokter Hewan dari Dinas Peternakan Situbondo sudah mengecek kembali kesehatan ratusan ekor sapi tersebut, semua ternak sudah dinyatakan sehat dan bisa diturunkan dari kapal dan dipindah ke truk untuk kemudian diantar ke tempat tujuan,"pungkas Iptu Budhi. (SJP)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Angkut Ratusan Ekor Sapi dari NTT Tujuan Jakarta, Kapal Motor Bongkar Muatan di Pelabuhan Jangkar Situbondo

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT