Selasa, 28 Juni 2022
Ekonomi

DPRD Lumajang Tuntut OPD Ketahanan Pangan Bisa Berinovasi Guna Pulihkan Ekonomi Nasional

profile
Achmad

30 April 2022 21:58

389 dilihat
DPRD Lumajang Tuntut OPD Ketahanan Pangan Bisa Berinovasi Guna Pulihkan Ekonomi Nasional
Ketahanan pangan menjadi sorotan DPRD Lumajang. (SJP)

LUMAJANG - Daya tahan masyarakat dalam kehidupan sosial ekonomi di masa Pandemi Covid-19 merupakan ujian yang sangat besar. 

Dalam hal ini, menurut DPRD Kabupaten Lumajang, ini merupakan tugas dan kewenangan dari Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Lumajang, yang saat ini melebur di dalam OPD Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Lumajang.

"OPD tersebut dituntut untuk lebih bisa berinovasi guna memacu masyarakat dalam memulihkan kembali perekonomiannya dari 
tingkat Rumah Tangga melalui program Pemerintah, khususnya 
masyarakat miskin dan rawan miskin," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H Akhmat kepada media ini, Sabtu (30/4/2022).

Menurut H Akhmat, ada isu penting yang menjadi polemik dalam konteks ketahanan pangan, yaitu  isu tentang status tanah bagi program Lumbung Desa. Sebagai program nasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, untuk mendorong pemerintah desa membuat lumbung desa. 

Ternyata, menurut politisi PPP ini, dalam pembangunan lumbung desa belum jelas status tanahnya, terutama untuk pengajuan bantuan program pemerintah. 

"Fakta di lapangan, terdapat lumbung desa yang dibangun pada tanah pekarangan kepala desa (Kades)," ungkapnya lagi. 

Dengan demikian, dikatakan Koordinator Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang ini, keberadaan status tanah tersebut perlu diseleksi dan harus  teradministrasi dengan jelas untuk memudahkan 
masyarakat desa mendapatkan hak untuk membangun, mengelola dan 
menggunakan lumbung desa. 

"Diharapkan kedepan pihak terkait sudah mempunyai data yang kongkrit terkait adanya keberadaan lumbung desa ini," paparnya lagi.

Sementara itu, Kepala Diperta Ketapang Kabupaten Lumajang, Ir Hairil, kepada media ini mengatakan jumlah lumbung pangan yang ada di Kabupaten Lumajang berjumlah 56.

"Seluruh asetnya adalah milik kelompok lumbung pangan masing-masing," terangnya kepada wartawan via chat WhatsApp nya. (Fuad)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPRD Lumajang Tuntut OPD Ketahanan Pangan Bisa Berinovasi Guna Pulihkan Ekonomi Nasional

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT