Senin, 28 November 2022
Ekonomi

Efek Domino Gandrung Sewu Terhadap Peningkatan Ekonomi Pelaku Industri Kreatif di Banyuwangi

profile
Ikhwan

01 November 2022 09:02

567 dilihat
Efek Domino Gandrung Sewu Terhadap Peningkatan Ekonomi Pelaku Industri Kreatif di Banyuwangi
Festival Gandrung Sewu mengedepankan industri kreatif Banyuwangi. (SJP)

BANYUWANGI – Festival Gandrung Sewu yang digelar beberapa hari lalu memberi dampak positif bagi pelaku Industri Kreatif dan Pariwisata di Banyuwangi.

Dampak yang paling terasa adalah adanya kenaikan pendapatan. Dari 50 UMKM dadakan yang menjajakan barang dagangannya di arena bazar Gandrung Sewu, omset mereka tembus Rp 1,5 sampai Rp 3 juta. 

UMKM yang menggelar dagangannya di arena Gandrung Sewu, mulai dari pedagang makanan dan minuman, mainan anak-anak, souvenir dan batik. 

Salah satunya adalah otlet Batik Sekar Bakung, milik Bu Is, yang berasal dari Kelurahan Bakungan. Satu hari kemarin omset penjualannya mencapai 3 juta rupiah.

"Paling laris kemarin udeng dan kain batik,” hampir rata-rata pendapatan pelaku UMKM dalam ajang Gandrung Sewu meningkat pesat 70 persen hingga 90 persen," kata Is sapaan akrabnya, Selasa (1/11/2022).

Manager Marketing Toko oleh-oleh Osing Deles, Nuzul menyampaikan kenaikan omset tokonya saat event Gandrung Sewu meningkat hingga 90 persen. 

"Meningkat dibanding hari-hari biasa di toko kami kenaikan mencapai 90 persen," kata dia.

Lebih jauh informasi yang berhasil dihimpun Suarajatimpost, dampak tidak hanya pada usaha skala mikro saja. Namun dampak Gandrung Sewu ini begitu merata termasuk pada hotel dan penyewaan mobil. Rata-rata okupansi hotel di Banyuwangi mencapai 100 persen.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, mengatakan Gandrung Sewu merupakan bagian dari upaya Banyuwangi untuk promosi dan pelestarian seni budaya.

Dibalik itu pemkab juga membawa misi menggerakkan ekonomi dan diharapkan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 "Alhamdulillah dari Dispudpar Banyuwangi gelaran gandrung sewu sangat dirasakan dampak ekonominya oleh masyarakat, khususnya pelaku industri pariwisata. Semoga dari event di Banyuwangi secara konsisten bisa menjadi pengungkit percepatan pemulihan ekonomi bagi masyarakat," tegasnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Efek Domino Gandrung Sewu Terhadap Peningkatan Ekonomi Pelaku Industri Kreatif di Banyuwangi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT