Minggu, 02 Oktober 2022
Ekonomi

Gubernur, BPK RI hingga Ketua Komisi B DPRD Jatim Dukung Deklarasi P4TM

profile
Faisol

06 Agustus 2022 20:16

510 dilihat
Gubernur, BPK RI hingga Ketua Komisi B DPRD Jatim Dukung Deklarasi P4TM
Deklarasi Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM). (SJP)

PAMEKASAN - Pagelaran Deklarasi Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM) dihadiri ribuan masyarakat dan tokoh Madura hingga nasional, Sabtu (6/7/2022).

Sejumlah tokoh yang turut hadir dalam acara tersebut ialah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, BPK RI Achsanul Qosasi, Ketua Komisi B DPRD Jatim Aliyadi Mustofa.

Selain itu, hadir juga Ketua BASSRA (Badan Silaturahmi Ulama Pesantren Madura) beserta sejumlah ulama lainnya.

Ketua Panitia Deklarasi P4TM Abdul Bari mengatakan dalam deklarasinya bahwa P4TM siap membangun kordinasi dan kerjasama dengan stakeholder terkait, baik pemerintah tingkat kabupaten hingga pusat.

Menurutnya, apapun yang berbau kepentingan petani tembakau di pulau Madura, Jawa Timur, Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM) siap mendukung demi kesejahteraan petani.

“Oranisasi P4TM ini merupakan wadah aspirasi dan pedagang tembakau. Demikian, dengan ucapan alhamdulillahi robbil alamin, semoga pernyataan sikap deklarasi ini di ridhoi Allah SWT. Aamiin,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya mengatakan bahwa pulau Madura merupakan daerah penyumbang produksi tembakau sebesar 35% se-Indonesia setiap tahunnya.

Untuk Jawa Timur, kata Khofifah, menyumbang sebesar 45% se-Indonesia. Artinya, 10 persennya itu dibagi untuk kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur. Sebab, 35 persennya disumbang oleh Madura.

“Mengenai hal itu sekarang bagaimana kita bersama-sama menata regulasi supaya petaninya untung dan sejahtera, sementara ada Bakorwil yang siap untuk dijadikan Trading House bagi para petani tembakau se-Madura,” ucapnya.

Dikatakan, untuk mencapai kesejehteraan itu, dirinya sudah berkoordinasi dengan Bakorwil Pamekasan, dan pihaknya siap untuk dijadikan trading house atau rumah dagang bersama bagi para petani tembakau se-Madura.

Usai penyampian sambutan, Gubernur Khofifah, anggota DPR RI Achsanul Qosasi, dan Ketua BASSAR melakukan tanda tangan MoU dengan pengurus P4TM. (Faisol)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Gubernur, BPK RI hingga Ketua Komisi B DPRD Jatim Dukung Deklarasi P4TM

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT