Kamis, 11 Agustus 2022
Ekonomi

Komisi C Apresiasi Peningkatan Pendapatan PAD Kabupaten Lumajang Dari Galian C

profile
Achmad

21 Juli 2022 22:10

425 dilihat
Komisi C Apresiasi Peningkatan Pendapatan PAD Kabupaten Lumajang Dari Galian C
Stockpile Terpadu yang dapat meningkatkan PAD Pasir. (SJP)

LUMAJANG - Komisi C DPRD Kabupaten Lumajang, apresiasi adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah pad (PAD) dari galian C (pasir), setelah beroperasiannya Stockpile Terpadu yang ditangani oleh PD Semeru Lumajang, sejak beberapa waktu terakhir.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Lumajang, Hadi Nur Kiswanto kepada media ini, kalau sebelumnya pendapatan dari sektor ini hanya mampu menarik retribusi pajak melalui Surat Keterangan Asal Barang (SKAB) sebanyak 400 per hari, berdasarkan data Badan Pengelola Retribusi Daerah (BPRD) Kabupaten Lumajang.

"Alhamdulillah sekarang sudah bisa mencapai 1.400 lebih hingga 1.700 an SKAB," kata Hadi kepada media ini, Kamis (21/7/2012).

Hal senada juga diutarakan Direktur Perusahaan Daerah (PD) Semeru Kabupaten Lumajang, Abdul Halim, yang mengatakan sejak stockpile terpadu dimulai, ada sekitar 1.400 sampai dengan 1.700 SKAB yang keluar setiap hari. 

"Ini pun proyek pembangunan masih sepi dan belum dimulai pengerjaannya," ungkapnya.

Menurutnya, pola stockpile terpadu lebih efektif ketimbang sebelumnya. Dipaparkan, jika setiap hari stockpile terpadu bisa menjaring 1.700 SKAB dikalikan Rp. 25 ribu per SKAB, maka jumlahnya cukup lumayan. Belum lagi SKAB yang dari pintu keluar di Kecamatan Yosowilangun, Pasrujambe dan Pronojiwo.

Halim menjelaskan, ide awal pendirian Stockpile Terpadu adalah peningkatan PAD dari sektor galian C. Sedangkan persoalan infrastruktur yang perlu dibenahi di stockpile terpadu akan terus dilakukan, termasuk pembuatan 2 pintu agar memudahkan kelancaran lalu lintas.

Perlu diketahui, Stockpile Terpadu yang mulai beroperasi ini luasnya 8,5 ha. Fasilitas yang ada antara lain pos kontrol SKAB, fasilitas Ibadah komplit dalam proses pembangunan, fasilitas jalan melingkar yang lebarnya 16 meter (cukup untuk kendaraan jejer dua), 50 kapling stockpile, area parkir, dan lainnya.

Petugas jaga yang diterjunkan secara bergantian selama 24 jam. Dengan adanya Stockpile Terpadu ini persoalan PAD dari sektor galian C ini terlihat mulai teratasi. Apalagi, seperti yang disampaikan komisi C DPRD Lumajang, target PAD dari galian C tahun 2022 Rp 25 miliar.

“Mudah mudahan tercapai. Insya Allah terrealisasi," pungkasnya. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Komisi C Apresiasi Peningkatan Pendapatan PAD Kabupaten Lumajang Dari Galian C

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT