Selasa, 24 Mei 2022
Ekonomi

KUD Dan Kopwan Yang Kurang Maksimal Disorot DPRD Lumajang

profile
Achmad

30 April 2022 17:59

377 dilihat
KUD Dan Kopwan Yang Kurang Maksimal Disorot DPRD Lumajang
Kantor dinas koperasi Kabupaten Lumajang. (SJP)

LUMAJANG - DPRD Kabupaten Lumajang kembali menyoroti kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang dalam hal ini berkaitan dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Lumajang.

Menurut Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Lumajang, Hadi Nur Kiswanto, OPD tersebut disoroti karena kinerja dan manfaat dari KUD dan Koperasi Wanita (Kopwan) masih belum dirasakan masyarakat. 

Seharusnya, kata Hadi, keberadaan KUD dan Kopwan ini sangat penting di era Pandemi Covid-19 untuk membantu masyarakat khususnya perempuan dan ibu rumah tangga yang semakin rentan selama Covid-19. 

"Karena ketidakefektifan KUD dan Kopwan menyebabkan masyarakat melakukan pinjaman ke KSP dengan bunga tinggi," katanya kepada media ini, Sabtu (30/4/2022) via chat WhatsApp nya.

Melalui lembaganya, Hadi meminta kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Lumajang untuk lebih memaksimalkan monitoring dan pengawasan keberadaan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) di Kabupaten Lumajang. 

"Kami berharap pengawasan tersebut bisa memberikan manfaat positif terhadap masyarakat Lumajang," ungkap politisi PPP ini.

Dan dengan adanya Pandemi Covid-19 dan larangan mobilitas, diungkapkan Hadi, masyarakat telah 
menyebabkan sektor swasta terutama UKM mengalami kesulitan. 

Oleh karena itu, kata wakil rakyat dari Dapil 4 ini, pihak Pemkab harus memberikan program-program untuk menstimulasi UMKM seperti mengalokasikan hibah kompetitif secara reguler, mengadakan kegiatan yang mempertemukan UMKM dengan masyarakat, serta menjamin produk UMKM dapat dipasarkan di ritel-ritel modern di Kabupaten Lumajang.

Untuk memaksimalkan kinerja KUD dan Kopwan, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Lumajang, Suharwoko, menjelaskan kalau pihaknya akan segera melakukan pembinaan terhadap KUD dan Kopwan agar nantinya bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Kita tingkatkan pengawasan dan pembinaan serta tindakan jika melanggar. Maaf saya lagi di Jakarta," ujar Suharwoko singkat kepada wartawan via chat WhatsApp. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

KUD Dan Kopwan Yang Kurang Maksimal Disorot DPRD Lumajang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT