Kamis, 06 Oktober 2022
Ekonomi

Lapas Mojokerto Bekali Warga Binaan Pelatihan Las Bersertifikat

profile
Andy

08 September 2022 10:24

83 dilihat
Lapas Mojokerto Bekali Warga Binaan Pelatihan Las Bersertifikat
Warga binaan lapas Mojokerto ikuti pelatihan las bersertifikat

KOTA MOJOKERTO - Pembinaan kemandirian warga binaan merupakan salah satu fokus yang di gencarkankan dalam mensukseskan misi pemasyarakatan, dari sekian banyak program pembinaan hari ini (06/09/22) sejumlah warga binaan mengikuti pelatihan pengelasan plat welder SMAW 3G.

Eri Winardi, Instruktur dari Balai Latihan Kerja Mojokerto mengatakan kegiatan pelatihan kerja yang dilaksanakan di Lapas Mojokerto merupakan kegiatan MTU atau mobile training unit yang mana UPT BLK Mojokerto bekerjasama dengan instansi pemerintah, swasta maupun masyarakat umum untuk melaksanakan pelatihan dengan mendatangi peserta dan memberikan materi serta membawa seluruh sarpras yang diperlukan dalam pelatihan.

Pelatihan untuk warga binaan ini tentu saja disambut sangat baik oleh pihak lapas dan warga binaan, Didik Harianto kasubsi kegiatan kerja lapas mojokerto mengatakan, pihaknya sangat senang dengan adanya kerjasama baik ini, warga binaan akan mendapatkan banyak manfaat dari pelatihan ini, ilmu secara teori dan praktek mereka dapatkan serta mereka juga memperoleh sertifikat yang dapat mereka pergunakan di dunia kerja saat bebas nanti.

"Pelatihan yang berlangsung di area bengkel kerja lapas mojokerto ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB dengan peserta sejumlah 16 orang pada setiap sesi pelatihan selama 2 minggu penuh, diantara seluruh peserta terlihat beberapa telah mahir dalam melakukan pengelasan, pemotongan plat, serta finishing," ungkap Didik Harianto.

Sementara itu, Muhammad Habibi warga binaan salah satu peserta pelatihan mengatakan, ia pernah ngelas diluar, tetapi  tidak tahu teori pengelasan yang baik. "Di sini, saya mendapatkan ilmu sehingga saya lebih faham, terimakasih lapas mojokerto dan BLK yang sudah mengadakan pelatihan," ungkapnya.

Kalapas Mojokerto, Dedy Cahyadi berharap untuk mewujudkan sistem pemasyarakatan yang baik khususnya membuat para warga binaan menjadi lebih mandiri secara ekonomi merupakan alasan bagi pihaknya untuk terus memperjuangkan pembinaan yang maksimal walaupun dalam kondisi keterbatasan lahan lapas maupun masalah overkapasitas.

"Bekerjasama dengan banyak lini baik dari instansi pemerintah maupun swasta untuk melaksanakan pembinaan didalam lapas merupakan solusi untuk mewujudkan pemasyarakatan maju," pungkasnya.

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Lapas Mojokerto Bekali Warga Binaan Pelatihan Las Bersertifikat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT