Rabu, 07 Desember 2022
Ekonomi

Menuju Kabupaten Green City, Bupati Malang Minta Pengelolaan Sampah Yang Efektif Dan Tepat Guna

profile
Senopati

06 November 2022 07:26

549 dilihat
Menuju Kabupaten Green City, Bupati Malang Minta Pengelolaan Sampah Yang Efektif Dan Tepat Guna
Bupati Malang H.Sanusi (kiri) didampingi Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Malang Hj Anis Zaidah Sanusi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup saat membuka acara Ngalam Waste Bank. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Pengelolaan sampah yang tepat, efektif, efesien dan tepat sasaran serta aksi nyata, menciptakan keseimbangan dan kelestarian lingkungan menjadi komitmen bersama menuju Kabupaten Malang Green City.

Hal tersebut disampaikan Bupati Malang HM Sanusi saat membuka Rapat koordinasi bank sampah Ngalam Waste Bank (NWB) di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Sabtu 5 November 2022.

Sanusi menyebut, dalam pengelolaan sampah ini, Kabupaten Malang telah memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang menghasilkan biogas untuk kebutuhan keluarga di daerah Talangagung.

"TPA Talangagung Kecamatan Kepanjen telah menghasilkan biogas yang dapat dirasakan 300 keluarga lebih di wilayah Desa Talangagung, dan juga kami memiliki pembangkit listrik tenaga disel yang berada di Kecamatan Pujon," kata Bupati Malang.

Sanusi menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan perusahaan luar negeri dalam pengelolaan sampah plastik, dimana limbah plastik menjadi biji plastik untuk eksport luar negeri.

"Kita melakukan kerjasama dengan Aliance dalam pengelolaan limbah plastik menjadi biji plastik untuk eksport ke Singapura dan negara lain," beber pria yang suka blusukan naik motor.

Pemkab Malang, juga melakukan kerjasama dengan negara Denmark untuk teknologi pengelolaan limbah kotoran hewan menjadi biogas, dengan Indonesia Besi juga bekerjasama dibidang clean up Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada untuk menuju Kabupaten Malang bersih 

"Kami bekerjasama dengan negara Denmark untuk teknologi pengelolaan limbah kotoran ternak menjadi biogas, sedangkan dengan Indonesia Besi, kita bekerjasama untuk Clean Up TPS TPS yang ada di Kabupaten Malang yang pada akhirnya menuju Kabupaten Malang Bersih," imbuh Abah Sanusi.

Untuk menuju Kabupaten Malang Bersih diperlukan dukungan semua pihak, mulai masyarakat dan kelompok peduli lingkungan dan NWB sangat membantu dalam rangka menuju Kabupaten Malang Bersih.

"Ketika itu dilakukan bersama, maka yang bisa menikmati kebersihan dan keindahan kabupaten Malang itu masyarakat, dan dengan lingkungan yang bersih akan menjadi lingkungan yang sehat, selain itu, sampah di tengah masyarakat bisa dimanfaatkan kembali, misalnya untuk pupuk kandang dan lainnya," pungkas Bupati Malang. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Menuju Kabupaten Green City, Bupati Malang Minta Pengelolaan Sampah Yang Efektif Dan Tepat Guna

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT