Jumat, 03 Februari 2023
Ekonomi

Koperasi KP3S Gelontorkan Bantuan Gedung Dan Jaring Untuk Nelayan Paseban

profile
Rochul

03 September 2022 22:11

487 dilihat
Koperasi KP3S Gelontorkan Bantuan Gedung Dan Jaring Untuk Nelayan Paseban
Pembagian Simbolis Gedung TPI dan Juga Alat Jaring Tangkap Ikan Serta Timbangan Digital juga Pendorong Perahu.

JEMBER - Peduli terhadap nelayan lokal yang berada di Desa Paseban, Kecamatan Kencong  Jember Jatim, pihak Koperasi Pemuda Pesisir Selatan,(KP3S) gelontorkan bantuan bagi nelayan tradisional.

Jenis bantuan berupa gedung tempat pelelangan ikan,(TPI) berukuran 6X8 Meter sudah terbangun dan segera digunakan para nelayan untuk sirkulasi ekonomi jual beli ikan hasil tangkapan.

Selain bangunan, Timbangan Digital kapasitas 2 Kwintal juga diberikan oleh koperasi bagi penunjang perputaran ekonomi di ruang lingkup antara pedagang dan masyarakat pengujung pantai Paseban.

Selain bangunan dan timbangan, Jaring Tangkap Ikan Sebanyak Ratusan juga diberikan dalam kegiatan simbolis pada Sabtu,(3/9/2022) siang dengan dihadiri oleh Muspika dan juga pihak kepala desa Paseban dan perwakilan nelayan.

Selain itu, sebagai penunjang nelayan tradisional agar tidak sulit saat keluar masuk ke area bibir pantai, pihak koperasi KP3S juga memberikan roda penunjang perahu yang bisa dipakai bergantian saat nelayan pergi dan pulang mencari nafkah di laut lepas.


"Kami berikan bantuan berupa gedung dan timbangan digital dan roda pengangkut perahu speed serta ratusan jaring ukuran panjang 100 meter dan luas 10 meter bagi ratusan nelayan tradisional yang berada di desa Paseban," Kata Irfanudin ketua Koperasi Pemuda Nelayan pesisir selatan disela sela kegiatan penyampaian bantuan simbolis kepada para nelayan.

Ditanya lebih lanjut tentang program kedepan bagi nelayan pihak nya akan berusaha bersinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan ekonomi rakyat yaitu dengan cara membangun Cold Storage untuk nelayan untuk menyimpan dan mengolah ikan Asap.

"Kedepan kami akan berkoordinasi dengan berbagai pihak agar Cold Storage bisa ada di Paseban, tujuan kami agar produk ikan asap yang sudah dikenal ini tambah menjadi icon desa Paseban, karena ikan Manyung Asap produk dari nelayan Paseban itu sangat luar biasa permintaan pasar juga bagus," terang Irfanudin.


Selain itu dirinya juga akan memajukan Wisata Pantai dengan cara penanaman Bibit ketepeng, Cemara udang dan juga kelapa dan itu sudah dilakukan dan rencana akan ditanam di sempadan pantai untuk tingkatkan pariwisata.

Sementara itu, Ketua Kelompok nelayan Joko Samudro bernama Sunardi mengucapkan banyak terima kasih buat koperasi yang peduli terhadap para nelayan dengan memberikan paket jaring dan perlengkapan lain.

"Alhamdulillah kami nelayan selain sudah dapat bantuan gedung dan jaring dan juga alat timbang dan bantuan lainnya kami berharap nanti dapat bantuan lain yaitu tempat penimbunan ikan dan juga dermaga agar akses keluar masuk perahu nelayan semakin lancar saat bekerja mengais rejeki di lautan," kata Samsul Arifin.

Kepala Desa Paseban bernama Satupan, ditanya tentang bantuan bagi nelayan juga menyampaikan.

"Kami sangat bersyukur, dulu kami sempat salah paham karena kurangnya koordinasi, namun akhirnya dengan kegiatan yang benar benar demi kemaslahatan dan bantuan bagi nelayan kami, dan kami sebagai pemerintahan desa Paseban sangat berterima kasih pada KP3S," Ucap kepala Desa Paseban.

Selain itu, pihak kepala desa Paseban juga berharap semoga program koperasi KP3S tentang akan membeli hasil tangkapan agar segera bisa direalisasikan.

"Semoga dengan program koperasi membeli hasil tangkapan nelayan, ekonomi warga cepat meningkat dan itu sangat kami dukung, kami juga dapat informasi jika koperasi ini mau membeli ikan Buntal dengan harga bagus, karena selama ini nelayan dapat hanya dibuang" ungkap Satupan.

Ditanya lebih lanjut berapa total nelayan di desa Paseban, pihak kepala desa menjelaskan ada kurang lebih 700 nelayan yang selama ini mengantungkan hidupnya mengais rejeki di lautan.(Lum)

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Koperasi KP3S Gelontorkan Bantuan Gedung Dan Jaring Untuk Nelayan Paseban

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT