Senin, 28 November 2022
Ekonomi

Pemkab Lumajang Minta Pemilik IUP OP Memindahkan Stok Pasir Ke Stockpile Terpadu

profile
Achmad

27 Oktober 2022 15:49

470 dilihat
Pemkab Lumajang Minta Pemilik IUP OP Memindahkan Stok Pasir Ke Stockpile Terpadu
Suasana Stockpile terpadu yang sudah mulai diisi pasir oleh pemilik IUP OP. (SJP)

LUMAJANG – Usai melakukan sidak ke sejumlah stockpile pasir di Kabupaten Lumajang, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) berharap semua pemilik IUP OP dapat menaruh stock pasirnya di lokasi Stockpile Pasir Terpadu, di Kecamatan Sumbersuko.

Hal tersebut dilakukan, menyusul Surat Edaran Bupati Lumajang Nomor : 540/2644/1427.1/2022 dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan Masyarakat, Kesempatan Usaha dan Kesempatan Kerja serta Peningkatan Kualitas Pengelolaan Pertambangan Pasir di Kabupaten Lumajang.

Dalam sidak tersebut ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh beberapa stockpile termasuk pelanggaran administrasi perizinan maupun ketidaksesuaian SKAB dengan stok pasir yang dimiliki.

"Ini ada ketidaksesuaian antara SKAB dengan stock pasir yang ada di stockpile, ada beberapa yang perizinannya belum lengkap, ada yang tidak sesuai perizinannya, ini kita tertibkan," ujarnya.

Sesuai SE Bupati Lumajang tanggal 19 Oktober 2022, semua pemilik IUP OP diminta untuk segera mengosongkan stockpile miliknya dan/atau yang dikerjasamakan dengan pihak lain dengan batas waktu hingga tanggal 25 Oktober 2022.

Selanjutnya diminta agar mulai melakukan pengisian Pasir di Stockpile Terpadu yang sudah disiapkan oleh masing-masing pemilik IUP OP.

"Kita minta untuk segera pindah ke stokpile terpadu, langkah berikutnya kita memastikan seluruh stockpile itu berada di stockple terpadu," imbuh Cak Thoriq.

Cak Thoriq pun meminta Perumda Semeru sebagai pengelola Stockpile terpadu untuk melakukan tata kelola Stockpile terpadu dengan terbuka, transparan dan berkeadilan.

Dari pantauan awak media, sudah beberapa lokasi Stockpile yang telah terisi dengan stock pasir pemilik IUP OP.

Atas hal tersebut, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Lumajang, Hadi Kiswanto, menegaskan kalau pihaknya optimis, PAD dari sektor minerba akan terus ada peningkatan.

"Langkah bagus pemerintah ini harus didukung oleh masyarakat luas," papar politisi PPP ini. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkab Lumajang Minta Pemilik IUP OP Memindahkan Stok Pasir Ke Stockpile Terpadu

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT